Apakah anda Terlalu Banyak Minup Kopi?

hmmmm Minum Kopi itu NIkmat Sekali....apalagi waktu nongkrong ama temen-temen dicafe, pas dikantor supaya lebih melek,

Berapa banyak penggunaan kafein ?
400 miligram (mg) kafein sekiranya aman untuk orang dewasa yang sehat. Jumlah itu kira-kira setara 4 cangkir kopi, 10 kaleng Minuman Karbonasi (Coke) atau dua botol minuman energi.
Meskipun penggunaan kafein mungkin aman untuk orang dewasa, tapi itu tidak dianjurkan untuk anak-anak dan remaja. Mereka harus membatasi diri untuk tidak lebih dari 100 mg kafein per hari.
Bahkan di antara orang dewasa, penggunaan kafein dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik. Dan kafein mungkin tidak menjadi pilihan yang bijak bagi orang-orang yang sangat sensitif terhadap efek sampingnya atau yang sedang menggunakan obat-obatan tertentu.
Apakah Anda mungkin perlu untuk membatasi atau bahkan menghentikan penggunaan kafein Anda.? Silahkan disimak penjelasan ini
Anda minum 4 cangkir atau lebih per hari. Sehari-hari penggunaan kafein berat meminum lebih dari 500 sampai 600 mg per hari , dapat menyebabkan efek samping seperti:
·         Insomnia
·         Gugup
·         Lekas marah
·         Sakit perut
·         Detak jantung cepat
·         Tremor otot
·         Bahkan sedikit membuat Anda gelisah
Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein dibanding yang lain. Jika Anda rentan terhadap efek kafein satu cangkir kopi atau teh akan memicu efek yang tidak diinginkan, seperti gelisah dan masalah tidur.
Bagaimana Anda bereaksi terhadap kafein dapat ditentukan sebagian oleh berapa banyak kafein yang terbiasa anda minum. Orang yang tidak teratur minum kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatifnya.
Faktor lain mungkin termasuk massa tubuh, usia, penggunaan obat dan kondisi kesehatan seperti gangguan kecemasan. Penelitian juga menunjukkan bahwa lelaki mungkin lebih rentan terhadap efek kafein daripada wanita.
Anda tidak mendapatkan cukup tidur. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan waktu tujuh hingga delapan jam untuk tidur setiap hari. Kafein dapat mengganggu kebutuhan tidur tersebut, akibatnya anda akan kehilangan waktu tidur
Menggunakan kafein untuk menutupi kekurangan tidur dapat membuat siklus yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, Anda dapat minum minuman berkafein karena Anda memiliki kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari. Tapi kafein membuat Anda susah tertidur di malam hari, dan memperpendek lamanya waktu Anda tidur.
Anda mengkonsumsi obat atau suplemen tertentu. Obat-obat tertentu dan suplemen herbal dapat bereaksi dengan kafein. Berikut adalah beberapa contoh.
·         Beberapa Jenis Antibiotik. Ciprofloxacin (Cipro) dan norfloksasin (Noroxin) – jenis obat antibakteri – dapat mengganggu pemecahan kafein. Hal ini dapat meningkatkan jangka waktu kafein tetap dalam tubuh Anda dan memperkuat efek yang tidak diinginkan tersebut.
·         Teofilin. Teofilin (Theo-24, Elixophyllin, dll) adalah obat yang membuka saluran udara bronchial dengan relaksasi otot-otot sekitarnya (bronchodilator). Hal ini cenderung menimbulkan beberapa efek kafein. Dengan demikian, mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein dapat meningkatkan konsentrasi teofilin dalam darah Anda. Hal ini dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan jantung berdebar-debar.
·         Echinacea. Suplemen herbal ini, yang kadang-kadang digunakan untuk mencegah pilek atau infeksi lainnya, dapat meningkatkan konsentrasi kafein dalam darah anda dan dapat meningkatkan efek kafein tidak menyenangkan.
Bicaralah dengan dokter atau apoteker apakah kafein dapat mempengaruhi obat Anda. Mereka akan menyarankan anda, apakah anda perlu mengurangi atau menghilangkan kafein.
Membatasi kebiasaan kafein anda
Entah itu untuk salah satu alasan di atas, atau karena anda ingin menghemat pengeluaran anda pada minuman kafein. menghentikan kebiasaan mengkonsumsi kafein dapat menjadi hal yang menantang. Penurunan secara drastis mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, lekas marah dan gugup. Untungnya, gejala ini biasanya ringan dan hilang setelah beberapa hari.
Untuk mengubah kebiasaan kafein Anda secara bertahap, cobalah tips ini:
·         Mulai perhatikan berapa banyak kafein yang anda dapatkan dari makanan dan minuman yang biasa anda konsumsi. Mungkin lebih dari yang Anda pikirkan. Baca label dengan hati-hati.
·         Lakukannya secara bertahap. Misalnya, minum satu kaleng soda lebih sedikit atau minum secangkir kecil kopi setiap hari. Atau hindari minum minuman berkafein menjelang malam hari. Ini akan membantu tubuh anda terbiasa dengan tingkat kafein yang lebih rendah dan mengurangi potensi efek samping.
·         Cobalah Kopi tanpa kafein. Kebanyakan kopi tanpa kafein memiliki bentuk dan rasa yang sama seperti kopi berkafein.
·         Mempersingkat waktu penyeduhan atau beralih ke herbal. Ketika membuat teh, jangan terlalu lama menyeduh. Hal ini menghemat kandungan kafeinnya. Atau pilih teh herbal yang tidak memiliki kafein.
Intinya, jika kafein merupakan bagian dari rutinitas harian anda, jangan khawatir karena sejauh ini kafein paling jarang menimbulkan masalah kesehatan. Namun ada kondisi di mana anda perlu untuk mengurangi asupan kafein Anda.


0 Response to "Apakah anda Terlalu Banyak Minup Kopi?"

Post a Comment