Meningkatkan Kunjungan Blog Dengan Membuat Daftar Pustaka.

Mungkin terdengar aneh kenapa daftar pustaka atau daftar isi dapat meningkatkan kunjungan pada sebuah blog. Karena biasanya, pemilik blog akan meningkatkan kunjungan dengan SEO (WordPress tidak diijinkan) waduh…. Pake Blogger gan….dan lainsebagainya.Tapi jika Anda menyimak opini saya mungkin Anda akan sependapat dengan saya.
Saya akan memulai dengan sebuah ilustrasi sederhana.
Blog dapat kita umpamakan sebuah toko swalayan, dimana pengunjung yang datang akan mencari sendiri artikel yang ingin dibaca. Namanya toko swalayan, “swalayan dumay” tentu sangat banyak barang yang harus dipajang. Cara memajangnya pun tidak boleh sembarangan. Harus dikelompokkan sesuai dengan jenis barang agar mudah untuk ditemukan. Misalnya roti tidak boleh bercampur dengan sabun mandi, tetapi mungkin dengan biskuit atau makanan sejenisnya.
Saking banyaknya artikel yang ada di blog kita, mungkin sebagian dari mereka akan sulit untuk ditemukan oleh pengunjung. Bahkan mungkin oleh Anda sendiri disaat akan mengedit ulang artikel. Tetapi dengan daftar pustaka, semua itu akan terasa mudah.
Tidak semua pengunjung akan langsung  menemukan artikel yang dicari, meskipun mereka datang lewat mesin pencari. Atau mereka bisa saja tertarik dengan artikel lain selain yang mereka cari.
Mungkin Anda sudah tahu apa itu kunjungan pda blog. Definisinya menurut saya adalah banyaknya halaman yang dikunjungi oleh seorang pengunjung. Istilah asingnya adalah “page view”. Tentu saja seorang pengunjung dapat melakukan kunjungan lebih dari satu atau semau mereka. Kita pasti akan senang jika ada pengunjung mau berlama-lama di blog kita untuk melihat-lihat artikel pada blog. Itu artinya artikel kita dapat membuahkan manfaat bagi para pengunjung. Ini juga konon akan dinilai oleh raja mesin pencari Google.
Mau bukti kenapa daftar pustaka dapat meningkatkan kunjungan blog? Buktinya adalah blog saya. Sebelum melejit ke angka ribuan, kunjungan blog paling banter mentok ke angka 600-an. Dan saya sempat bingung, apa yang telah saya lakukan sehingga jumlah kunjungan melejit dua kali lipat lebih, padahal blog saya tergolong baru, karena saat itu umur blog saya baru dua bulan. Satu-satunya yang saya pikir masuk akal adalah dibuatnya daftar pustaka pada blog sekitar dua hari sebelumnya. Karena jumlah artikel yang saya terbitkan segitu-gitunya setiap hari haaahaaaa.


0 Response to "Meningkatkan Kunjungan Blog Dengan Membuat Daftar Pustaka."

Post a Comment