cara buat blog gratis dan berbayar

Belajar bikin web blog

cara bikin blog
Sahabat www.menggaliilmu.com mengapa artikel kali ini saya member judul belajar bikin web blog?, perlu anda ketahui dalam membuat website harus anda pikirkan dan tentukan apa tujuan anda dalam membuat website. Kenapa sich kok kita harus tentukan tujuannya? Supaya website kita jelas mau membahas tentang apa dan bisa mengantar kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Perlu sahabat www.menggaliilmu.com ketahui, bahwasannya website itu bermacam-macam jenisnya, ada yang hanya satu halaman, sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada juga website penjualan online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas Facebook.

Setelah sahabat www.menggaliilmu.com  memilih jenis website yang akan anda buat, bisa Anda pelajari dan telusuri, apakah ada software website yang tersedia untuk membuat jenis website tersebut. Saat ini banyak software website yang sudah jadi, dan tinggal Anda gunakan.

Contohnya softwarenya dreamweaver, firework dll. Atau anda sendiri bisa menggunakan www.blogspot.com atau www.wordpres.com

Oke lanjut Untuk membuat website ada 3 bagian utama yang perlu Anda pahami yaitu:
1. Domain
2. Hosting
3. Software Website

Domain

Domain adalah alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus
mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari website.
Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website
Anda dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contohnya www.menggaliilmu.com menggaliilmu adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial atau pemerintahan, .sch untuk keperluan pendidikan sekolaha, dan lain-lainnya.

Extensionnya banyak macamnya, bisa berupa TLD (Top LevelDomain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi
Bisa anda menggunakan www.rumahweb.com atau jasa-jasa registrasi domain yang lainnya. Jika anda menggunakan domain registrasi yang sifatnya berbayar makan anda setiap tahunnya harus meregistrasi ulang jika tidak, domain yang anda punya akan di nonaktifkan.

Ada juga domain yang sifatnya gratis atau tidak bayar, semisal ada blogspot.com, .co.cc dan masih banyak yang lainya, dan anda setiap tahunnya tidak perlu lagi meregistrasi.

Dalam mimilih domain anda harus jeli banyak tips dalam membuat domain yang nantinya bisa anda gunakan untuk website anda.

Hosting

Hosting merupakan tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website harus Anda simpan di sebuah server hosting.

Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di Indonesia maupun di luar negeri.

Software Website

Apa software yang anda akan gunakan?? Bila Anda belum tahu software website yang akan Anda gunakan, Anda bisa googling di internet, untuk melihat website-website lain yang sudah ada, dan lihat contoh website yang Anda rasa cocok sebagai website yang Anda akan buat.

Anda sendiri bisa mengecek pada website yang sudah ada tersebut, websitenya menggunakan software apa? Bila website tersebut menggunakan software website open source seperti blog wordpress, joomla, dan lain-lainnya, tentunya Anda bisa membuat website yang sama. Tetapi harus di ingat yang Anda contoh itu adalah jenis websitenya, bukan mencopy tampilan, dan isi (content) websitenya, hal tersebut tidak diperbolehkan. Kalau anda mengcopynya namanya Plagiat.

nah sekarang anda sudah tau bagaimana langkah yang dipersiapkan dalam membuat blog?



0 Response to "cara buat blog gratis dan berbayar"

Post a Comment