cara membuat pasword yang handal

Membuat password yang handal

pasword handal
input pasword
Sahabat menggaliilmu tentunya anda tau donk, apa yang dimaksud dengan password?? Yupp password adalah merupakan sekumpulan deretan-deretan karakter. Deretan-deretan karakter apa saja? Tentunya ada angka, huruf, maupun lambing. Fungsi dari password itu sendiri adalah untuk memprotek data kita supaya aman. Bagaimana dikatakan aman? Tentunya password kita harus handal.

Nah pada kesempatan kali ini menggaliilmu.com akan menjabarkan bagaimana yang dikatakan password yang handal. Password yang handal harus memiliki empat ragam karakter yaitu (huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus), kalau dimuat dalam satu password akan menjadikan password kita sangat handal dan sulit untuk dibobol.
seandainya seorang user mempunyai password ‘b217an’, maka bentangan karakter yang diujicoba akan semakin banyak. Yaitu meliputi karakter alfabet sejumlah 26 karakter ditambah karakter angka dari ‘0’ sampai ‘9’ sejumlah 10 karakter. Dengan demikian sebuah program pembongkar password harus melakukan uji coba terhadap karakter yang lebih banyak yaitu sejumlah 36 karakter. Ini artinya adalah diperlukan waktu lebih lama untuk membongkar password yang memuat karakter alfabet dan angka. Lebih lama ketimbang membongkar password yang hanya memuat alfabet saja.

Selanjutnya, bila seandainya seorang user mempunyai password ‘B217aN’, maka bentangan karakter yang perlu diujicoba akan semakin banyak. Mari kita hitung. Karakter yang diujicoba adalah karakter alfabet huruf kecil yaitu ‘a’, sampai ‘z’ sejumlah 26 karakter. Kemudian yang perlu diujicoba lagi adalah karakter huruf kapital yaitu ‘A’, sampai ‘Z’ sejumlah 26 karakter lagi. Ditambah dengan karakter angka dari ‘0’ sampai ‘9’ sejumlah 10. Dengan demikian karakter yang perlu diujicoba adalah 26 + 26 + 10 sebanyak 62. Ini tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama lagi bagi sebuah program pembongkar password untuk melakukan ‘ujicoba’
Nah, demikian pula logikanya bila seorang user mempunyai password ‘B2!7@an' yang merupakan kombinasi dari karakter huruf kecil, huruf besar, angka dan karakter khusus. Tinggal Anda hitung sendiri jumlah karakter khusus yang ada pada sebuah komputer. Ini menyebabkan program pembongkar password membutuhkan waktu jauh lebih lama lagi

Nah bagai mana sahabat www.menggaliilmu.com tentunya pahamkan sekarang bagaimana anda akan menentukan password yang handal seperti apa? Silahkan sahabat www.menggaliilmu.com pertimbangkan sendiri. Salam sukses!!

0 Response to "cara membuat pasword yang handal"

Post a Comment