software hardware komputer

software

Pengertian Software Hardware dan Brainware

Sahabat menggaliilmu yang budiman…sebuah PC (Personal Computer), atau Leptop itu berkesinambungan dengan Hardware, Software, dan Brainware. Dimana Hardware itu adalah perangkat keras, Software adalah perangkat Lunak dan Brainware itu adalah Manusia atau usernya. Jika yang membaca sudah mahir kayaknya gak perlu-perlu amat yaaa. Tapi jika yang membaca baru belajar apa yang dinamakan computer yaaaa kita harus tau apa yang dimaksud dengan Hardware, Software, dan Brainware sekaligus Contoh dari Hardware, Software, dan Brainware itu sendiri. Ok Kali ini menggaliilmu akan memaparkan apa yang dimaksud dengan Hardware, Software, dan Brainware. Untuk itu mari kita simak tulisannya.

Hardware, Software, dan Brainware itu semua merupakan Komponen atau istilahnya pondasi Komputer
komputer sangat berguna bagi kehidupan kita, tentunya tau kita itu apalagi hidup dizaman teknologi seperti sekarang. Komputer dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang lainnya ataupun penggunaan khusus seperti dalam bidang kedokteran ataupun dalam bidang Sains. Sesuatu ada pasti dengan dasar atau pondasi untuk membangunnya. Sama dengan sebuah komputer yang memiliki pondasi atau komponen untuk membangunnya. Pondasi atau komponen pada sebuah komputer ada tiga, yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Berikut penjelasan mengenai ketiga pondasi/komponen tersebut:

Pengertian Hardware (Perangkat Keras) merupakan  komponen pada komputer yang dapat terlihat dan dapat disentuh secara fisik, yang pasti keras. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut:
1.       Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware atau perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Joystick, Keyboard, Mouse.
2.       Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada komputer yang fungsinya untuk memproses masukkan (input) dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.
3.       Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardwere yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Speaker, Monitor dan Printer.

Pengertian Software (Perangkat Lunak) merupakan data-data yang terdapat pada komputer yang dapat diformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi ada dalam sebuah komputer.

 Contoh dari Software adalah sebagai berikut:
1.       Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User. Contohnya : Windows XP, Linux, Windows 7, Windows 8
2.       Software Aplikasi: Merupakan perangkat lunak yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Ms Office, Desainner seperti Corel Draw, Photoshop. anda pun bisa mendownload program aplikasi di www.filehippo.com

Pengertian Brainware (Perangkat Manusia) adalah orang yang menggunakan atau sipemakai  computer atau yang mengoperasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), desainner (sebutan bagi orang-orang desain) dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
Nah setelah anda mengetahui Hardware, Software, dan Brainware tentunya mereka itu memiliki kesinambungan yang sangat erat. Contohnya begini, jika tak ada hardware maka software dan brainware tak memiliki fungsi yang bagus. Begitu dan seterusnya. Jika tidak ada salah satunya maka tidak ada kesinambungan.
Yaaaa begitulah sedikit ilmu yang bisa di dapat dari menggaliilmu semoga bisa menambah wawasan buat anda.



0 Response to "software hardware komputer"

Post a Comment