troubel shooting pada komputer dan penanganannya

Trobelshooting pada Komputer dan Penangannya

trobelshooting komputer
Traubel shooting pada computer terbagi menjadi dua yaitu troubleshooting software dan trouble shoting hardware. Traubelshooting merupakan suatu masalah ketidak normalan pada computer. Jengkel gak gan…ketika sedang banyak-banyaknya tugas tiba-tiba computer yang kita gunakan trouble??
Jika computer anda tidak nyala alias mati, monitor mati dan lain sebagainya itu yang dinamakan troubleshooting pada hardware, nah jika yang ditandai dengan melambatnya kinerja computer dan lain sebagainya itu yang dinamakan troubleshooting pada software. Namun tidak menutup kemungkinan gejala-gejala yang ditimbulkan bukan hanya sekedar dari software saja. Tergantung dari informan atau Msg box apa yang ditampilkan.
Pertolongan pertama merupakan cara mengatasi troubleshooting yang standar pada computer, kita bisa menganalisa kejadian yang ditimbulkan oleh computer. Kejadian-kejadian apa saja mari kita simak ulasannya satu persatu sesuai dengan pengalaman yang didapat :

1. Komputernya Menyala namun tidak muncul pada tampilan layar :

Hal seperti ini sering saya alami, padahal baru saja saya nyalakan hidup setelah dimatikan dan dihidupkan kembali tidak mau menyala. Ternyata hal seperti itu hanya sepele, memory atau ram kendor atau memori mati, solusinya adalah :
a. lepaskan memory dan pasang lagi
b. jika masih belum hidup lepaskan lagi kemudian pada lempengan kuningnya bersihkan dengan penghapus pensil hingga bersih
c. tidak mau hidup lagi coba ganti dengan yang baru.

2. Komputer memberikan suara TIT 3x dengan nada panjang maupun pendek :

Power dalam keadaan hidup dan kipaspun mendesis tetapi tidak ada tampilannya, itu kerusakan pada VGA cardnya, bisa jadi kotor apa kendor atau mati, solusinya adalah :
a. Lepaskan VGAnya lalu anda tancapkan kembali VGAnya,
b. Kemudian bersihkan pada lempengan kuningnya menggunakan penghapus pensil dengan bersih
c. Jika masih belum menyala dan masih menghasilkan bunyi TIT 3 x pendek maupun panjang Ganti dengan yang baru saja.

3. Komputer selalu berbunyi TIT...TIT...TIT...TIT...terus menerus dan teratur tidak mau berhenti-berhenti seolah-olah ingin meledak itu kerusakan pada memory card atau ram. Maka solusinya lakukan hal-hal yang sama pada poin 1 jika tidak berhasil mainboard anda yang rusak.

4. Komputer muncul tulisan “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER” :

Kerusakan pada hardisk anda atau system yang ada dihardisk hilang. Solusi : Pastikan hardisk dikenal didalam sistem BIOS komputer caranya dengan memperhatikan tampilan awal apakah ada IDE / hardisk yang muncul atau tekan del pada saat awal menyala lalu lihat di standard setting apakah hardisk anda muncul tidak disitu. Jika muncul berarti hardisk bagus hanya systemnya/partisinya yang hilang> lakukan instalasisystem lagi, jika tidak muncul hardisk anda yang rusak> Ganti dengan yang baru. Atau coba tepuk secara perlahan badan hardisk lalu nyalakan lagi, jika berhasil segera backup data anda.Kenapa di tepuk pelan? sekedar memberi goncangan sedikit di motor hardisk yang macet agar bergerak lagi.
Ini diakibatkan pada hardisk anda atau system yang ada di hardisk hilang, atau hardisk tidak diketahui/dikenal didalam system BIOS computer maka solusinya adalah
a. Lepaskan hardisk anda
b. Cek kabelnya mungkin kendor atau apa, kemudian tancapkan kabel konektor hardisknya
c. Coba dinyalakan lagi. Jika masih ada tulisan coba di restart lagi lalu masuk ke BIOS cek hardisknya ada atau tidak. Jika tidak matikan dan cabut lagi hardisknya
d. Coba anda tepuk pelan hardisk tersebut, lha knapa kok ditepuk ini hanya sekedar member goncangan sedikit di motor hardisk yang macet agar bergerak kembali dan coba di pasang kembali. Jika masih ada pesan yang sama berarti hardisk anda ganti yang baru.

5. Komputer tiba - tiba tidak mau membaca Flashdisk yang kita tancapkan ke komputer :

Ini di akibatkan karena powersupply pada computer kita lemah, sebab flashdisk menggunakan listrik dengan tegangan rendah. Solusinya coba anda pindahkan ke USB yang lain jika tetap tidak mau ganti power supplynya kemungkinan sudah tidak normal lagi.

6. CD / DVD Rom anda sulit terbuka atau terkunci :

Yang seperti ini maslahnya disebabkan karena CD/DVD Rom anda jarang digunakan atau sudah tua, atau bisa juga karena kotor. Maka solusinya
a. Ambil paperclip atau apa yang kecil lalu tusuk pada bagian pintu CD Rom yang ada lubang kecilnya kemudian dorong hingga pintu berhasil terbuka.
b. Sedikit saran jangan biarkan CD/DVD Rom anda selalu kosong ini dapat meng akibatkan motor CD Rom anda bisa macet.

Nah Cukup sekian pemaparannya mudah-mudahan menjadi solusi buat anda sekalian. Salam sukses…untuk yang selalu menggaliilmu.com next untuk kerusakan-kerusakan pada komputer lainnya ada di 9 kerusakan komputer

0 Response to "troubel shooting pada komputer dan penanganannya"

Post a Comment