tunjangan profesi guru 2015

tunjangan profesi
Tunjangan Profesi Guru
Sahabat menggaliilmu yang selalu bahagia ada informasi yang melegakan dada kita yaitu Pemerintah tidak main-main lagi rupanya akan  membuktikan komitmennya dalam mensejahterakan para guru-guru.  Hal itu dibuktikan dengan penyediaan dana puluhan triliun yang diperuntukkan untuk pembayaran tunjangan  profesi guru pada tahun 2015. Ini sekaligus menampik kekhawatiran penghpusan tunjangan sertifikasi guru di era pemerintahan Jokowi sebagaimana dihembuskan selama ini.
Pembayaran tunjangan profesi guru tahun 2015 mencapai Rp. 80 triliun dengan rincian Rp 72 triliun tunjangan untuk tahun berjalan dan Rp 8 triliun tunjangan tahun 2014 yang belum ditransfer ke daerah.
“Pembayaran tunjangan profesi guru untuk tahun 2015 yang mencapai Rp 80 triliun sama dengan anggaran Kemdikbud per tahunnya. Jumlahnya terus meningkat dan menyedot APBN. Namun sayangnya, peningkatan budget pembayaran tunjangan guru itu tidak diimbangi dengan peningkatan mutu guru,” kata Hamid Muhammad selaku Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Kepada pers usai membuka Lokakarya Pemerataan dan Distribusi Guru yang diselenggarakan USAID Prioritas, Hamid mengatakan bahwa Bappenas sempat mempertanyakan terkait dana tunjangan profesi guru yang menyedot anggaran besar kemudian dampak yang diperoleh terhadap mutu pendidikan di Tanah Air.
“Kenyataannya berbanding terbalik. Dari hasil survei menyebutkan ternyata pemberian tunjangan profesi tidak meningkatkan mutu guru dan prestasi peserta didik tidak mengalami perubahan signifikan,” katanya.
Karena itu, ujar Hamid, terkait tunjangan guru ada kemungkinan kedepan sesuai saran dari Bappenas maka pemberian tunjangan guru akan diberikan berdasarkan kinerja guru berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kemdikbud. Melalui sumber www.kemdiknas.go.id
Ia mengatakan pencairan tunjangan sertifikasi akan selesai tahun 2016. “Tetapi kami sudah mengingatkan sekolah bahwa kedepan tunjangan profesi hanya diberikan kepada guru-guru yang mengajar dengan standar 20 murid dalam satu kelas. Dan ketentuan jumlah minimal siswa hanya berlaku di sekolah-sekolah di perkotaan saja dan tidak berlaku untuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).”

Ayooo guru-guru yang masih lemas, masih ogah-ogahan yaaa gak akan dapet, khusus guru-guru yang giat

0 Response to "tunjangan profesi guru 2015"

Post a Comment