10 Contoh Grammer Games yang Mengasyikan

Contoh Grammer
Grammer game

A With Double A

Tipe         : Group
Level         : Advance
Alat         : Kursi


Para pemain duduk melingkar pada kursi masing-masing. Permainan ini bisa dimulai oleh seorang pemain sukarela, kita sebut saja pemain I. Pemain I akan bertanya pada pemain 1 yang duduk di sebelahnya sebanyak dua pertanyaan dengan menggunakan pertanyaan berikut: Where will you go? Pemalii II harus menjawab dengan menyebut sebuah nama tempal, misalnya Brunei.

Pemain I melontarkan pertanyaan terakhir, berupa: What will you do there? Pemain II harus menjawab berupa dua kata yang masing-masing huruf awalnya ialah huruf awal kata jawaban pertamanya (Brunei), misalnya Buying Banana.

Apabila yang ditanya membuat kesalahan (tak bisa menjawab atau mengucapkan lagi kata yang telah ia sebutkan sebelumnya), maka harus diberi hukuman, sedangkan si penanya dinyatakan lulus atau tidak ikut lagi dalam permainan.

Contoh jawaban lain:
America, applying anthropology
Denmark, digging ditch
Europe, employing employee


Letter Endings

Tipe         : individu
Level         : upper intermediate
Alat         : kertas dan alat tulis


SebeIum permainan dimulai, Anda harus menulis 20 kata tidak Iengkap yang berakhiran: ket, her, red, ted, ent, tch, ase, md, sty, dow, try, mes, ast, ics, wly, ter, ons, ute, ure, dan ich di papan tulis. Para pemain harus menyiapkan selembar kertas tulis dan pensil.

Tugas mereka adalah melengkapi akhiran-akhiran kata yang tertera di papan menjadi sebuah kata utuh di kertas masing-masing sampai batas waktu 5 menit. Setelah waktu habis, mereka harus mengumpulkan jawaban mereka kepada Anda walaupun ada yang belum terjawab.

Bagikan kembali kertas-kertas jawaban tersebut kepada para pemain dengan catatan kertas jawaban itu tidak boleh diperiksa oleh pemiliknya. Setiap jawaban yang benar mendapat nilai setengah sedangkan setiap jawaban yang salah atau kosong nilai dikurangi setengah.
Permainan ini dapat dijadikan materi ulangan harian di sekolah atau permainan di tempat les atau kursus bahasa Inggris.

Where is My Monkey

Tipe         : Group
Level         : Intermediate
Alat        : -


Permainan ini sebaiknya dimainkan di sebuah lapangan berumput ketika sedang berpiknik atau bertamasya. Para pemain, kecuali Anda berdiri membentuk sebuah lingkaran cukup besar. Anda berada di luar lingkaran.
Kemudian sentuhlah punggung salah seorang pemain dan bertanyalah: “Do you see my monkey?” lalu pemain yang disentuh punggungnya balas bertanya: “ What it is look like?”. Anda akan menjawab dengan menggambarkan ciri-ciri pemain yang lain.

Pemain yang disebutkan ciri-cirinya harus segera Iari meninggalkan lingkaran, sedangkan Anda mengejarnya. Apabila pemain itu berhasil Anda tangkap sebelum tiba di tempatnya semula, maka ia menggantikan tugas Anda.

Homonym & Homophone

Tipe         : individu
Level         : advance
Alat         : kertas dan alat tulis


Anda sebagai pemimpin harus membuat daftar kata homonim dan homofon terlebih dahulu sebanyak-banyaknya

Homonim : orange, kind, mine, like, well, etc.
Homofon (no, know), (ate, eight), (their, there), (two, too, to), (right, write).
Anda ucapkan sebuah kalimat dengan menggunakan kata homonim pada masing-maSing pemain. Pemain setelah itu akan memberi sebuah kalimat lain dan kata homonim yang Anda berikan.
Jika Anda memberinya contoh kalimat dengan kata homofon, maka si pemain harus membuat sebuah kalimat lain dengan kata homofon tersebut.

Homonim

Anda : I have an orange
Pemain : The colour of his hat is orange
Anda : You like it
Pemain : She is like her father
Homofon
Anda : Sheis too tall
Pemain : get two apples
Pemain yang tidak bisa memberi jawaban sebaiknya diberi hukuman.

Yes!

Tipe         : group
Level         : -
Alat         : kerikil


Beberapa buah kerikil harus Anda sediakan sebelum permainan dimulai. Suruh semua pemain 20 — 30 orang berdiri bebas di sekitar Anda. Berilah tiap pemain 5 buah kerikil, IaIu tentukan batas waktu permainan, misalnya 5 menit. Setelah Anda mengatakan, “NOW!” maka para pemain akan saling bertanya pada pemain lain agar ia mendapat jawaban yes dan pemain yang mereka tanyai. Pemain yang menjawab yes harus memberi sebuah kerikilnya kepada Si penanya. Pemain yang memiliki jumlah kerikil terbanyak ialah sang pemenang.

Contoh pertanyaan yang mungkin mendapat jawaban yes:
> Are you a girl/boy?
> Do you wear eyeglasses?
> Are you in the class room?

Context

Tipe     : individu
Level    :  intermediate
Alat     : kertas dan alat tulis


Sebelum permainan dimulai, Anda harus menyiapkan 10 buah kalimat yang masing-masing memiliki satu kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimat. Contohnya: Simon likes melon in his tea (lemon). Dan The panel landed smoothly on the air field (plane).

Jumlah pemain tidak dibatasi dan cocok diterapkan untuk pelajar sekolah menengah agar memahami English Structure. Nah, tugas para pemain adalah memperbaiki kata yang salah tersebut sehingga membentuk kalimat yang baik.

Contoh kalimat yang dapat Anda gunakan:
> The rats shone brightly in the sky (star).
> You have to enlist what teachersays (listen).
> The sun moves around the heart (earth).
> I pick out flowers on the poles of the hill (slope).

Do l

Tipe     : Group
Level     : upper intermediate
Alat    :-

Permainan ini akan sangat membantu dalam melatih anak didik Anda dalam kelancaran berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Dalam permainan ini seorang pemain berada di luar ruangan. Para pemain yang berada di dalam ruangan akan memutuskan memilih nama binatang atau buah.

Kemudian pemain yang berada di luar ruangan akan kembali ke dalam untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang diawali dengan kalimat Do I..? sampai kata misteri tertebak olehnya.
Para pemain hanya boleh memberi jawaban Yes atau No. Misalnya, kata misteri adalah fish, maka si penanya bisa bertanya:
> Dolswim?
> Doleatmeat?
> Do I have four legs?
Apabila si penanya berhasil menebak kata misteri, maka ia berhak menunjuk salah seorang pemain lainnya untuk berperan sebagai penanya. Tetapi apabila si penanya tidak bisa memberi jawaban yang tepat, ia harus kembali menjadi si penanya berikutnya.

What Is It

Tipe     : group
Level     : intermediate
Alat     :-


Bagilah para pemain menjadi dua grup kemudian tentukan bersama-sama kategori benda yang akan dimainkan. Misalnya kategori fruit (buah). Masing-masing grup harus menyiapkan sebuah nama buah.
Grup I mendapat kesempatan pertama untuk menebak nama buah yang dimaksud oleh grup II. Semua pemain grup I harus bertanya kepada grup II, dan grup II harus menjawab dengan yes atau no. Jika grup I berhasil menebak nama buah itu, maka a mendapat nilai 1.

Tetapi jika a tidak bisa menebak, sementara semua anggotanya telah mendapatkan kesempatan untuk bertanya, ia tidak mendapat nilai, dan grup lawannya harus memberitahu jawaban yang sebenarnya.
Contoh pertanyaan:
> Is it green?
> Does it taste sweet?

Contoh kalimat yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:
> Ihave an aPPle.
I have an apple and a banana.
> I eat at the restaurant.
I eat and drink at the restaurant.
> She has a shirt.
She has a red shirt.
> My mother has two monkeys.
My mother has two fat monkeys.

Please, Mr. Crocodile
Untuk mengajarkan warna pada siswa-Siswi Anda, permainan please Mr. Crocodile merupakan jeniS permainan yang tepat diterapkan di kelas Anda. Selain membuat semua siswa menjadi peka terhadap nama-nama warna dalam bahasa Inggris, permainan ini juga dapat menciptakan suasana belajar dan bermain yang ceria dan aktif. KarenanYa, Anda memerlukan sebuah ruangan yang cukup luas atau aula untuk memainkan permainan ni. Ada baiknya jika Anda memilih tempat di sebuah lapangan berumput agar para pemain dapat leluasa memainkan game mu.

Sebelum mulal bermain, bentuklah para siswa menjadi 1 grup yang berdiri berbarisi ke belakang, di mana anggOta tiap grup sebaiknYa dibataSi menjadi 5 atau 6 orang saja. OIeh sebab itu, permainan ini dimainkan oleh tiap grup secara bergiliran.

Untuk grup pertama, tunjuklah 1 orang pemain menjadi Mr/Mrs. Crocodile, sementara sisa anggota grup 1 menjadi gerombolan kijang (deer). Mr. Crocodi’e berdiri menghadap deer yang berdiri berbaris lurus ke belakang dibatasi dengan gariS yang ditulis dengan kapur sebagal simbol sungai. Deer kemudian mengucapkan, “Please, Mr.CrOCOdiIe. Can I cross the river?” Mr.CroCOdiIe mengamati anggota deer dan kemudian menjawab, “Yes, you can cross the river if you are wearing something...” (misalnya yellow). Anggota deer yang berpakaian kuning (yellow) dapat bersenang hati, karena ia dengan bebas dapat menyeberangi sungai menuju ke tempat Mr. Crocodile,

sementara yang lain harus cepat cepat berlari berpencar, kareni Mr. Crocodile akan dengan cepat berusaha mengejar dan menangkap mereka. Anggota deer yang tertangkap akan menjadi Mr.Crocodile selanjutnya.
Apabila grup pertama sudah lelah bermain, segeralah panggil grup kedua untuk memainkan game mi dengan prosedur serupa.

Mr. Crocodile selain mengucapkan kalimat seperti di atas dapat pula menggunakan kalimat-kalimat di bawah ini:
“Yes, you can cross the river if....”
>You are wearing ribbon which is red
> You are wearing earrings which are white
> You are wearing skirt which is not red

Jika Anda hendak menerapkan materi pelajaran selain topik colour (warna), Anda bisa menggunakan game ini sebagai media mengajarkan materi deskripsi. Perhatikan kalimat-kalimat yang mungkin dipakai oleh Mr. Crocodile.
> if you are fat
> if you are wearing eyeglasses
> if you have got curly hair


nah itu contoh grammer yang bisa bapak ibu guru terapkan buat anak didik anda. semoga tambah lancar bahasa inggrisnya

0 Response to "10 Contoh Grammer Games yang Mengasyikan"

Post a Comment