4 Contoh Structure Game yang Menyenangkan

Pembelajaran Bahasa inggris anda Boring... tapi gak usah bingunglah menggaliilmu menyajikan buat anda tentang belajar bahasa inggris yang gak bakalan buat anda boring, yaitu

4 Contoh Structure Game yang Menyenangkan

4 Contoh Structure Game yang Menyenangkan
4 Contoh Structure Game yang Menyenangkan

Hidden Place Or Things

Tipe     : individu
Level     : intermediate
Alat    :  -


Hidden place or things adalah permainan yang menuntut daya imajinasi para pemainnya. Di samping meningkatkan daya imajinasi anak, permainan ni dapat membantu anak untuk menguasal struktur kalimat dalam bahasa Inggris, terutama bentuk ka Timat tanya (interrogative sentence).

Pertama-tama, seluruh pemain harus menentukan batasan tempat yang akan dijadikan objek permainan, yaitu tempat yang tersembunyl (hidden place). Setelah itu, Anda harus memilih salah seorang pemain yang mendapat kesempatan pertama untuk memilih tempat tersembunyi. Pemain pertama ml harus memikirkan sebuah tempat dan merahasiakannya pada pemamn yang lain.
Setelah permainan dimulai, pemain I akan berseru, “I hide my self behind the thing in my room. Where do I hide my self?” Para pemain yang lain akan bertanya menanyakan detail tempat yang dimaksud, misalnya:

> Is it large?
> Is it big?
> What is the content of it?
> Canweputourciothinit?


Setelah 5 siswa mengajukan pertanyaan, maka pemain pertama harus menunjuk seorang pemain secara acak untuk menebak thing atau place yang ia maksud berdasarkan informasi-informasi yang telah ia dengar. Jika pemain yang ditunjuk bisa menjawab dengan benar, maka pemain I harus menjadi pemain kembali. Namun, jika pemain yang ditunjuk tersebut salah menjawab, maka Ia akan menjadi pemain berikutnya.

Perhatikan ilustrasi berikut ini:
Pemain I : I hide myself behind the thing in myroom.
Where do I hide myself?
Anak l : Isitbig?
Pemain l : Yes.
Pemain lI : Canwesleeponit?
Pemain l : No.
Anak V. : Can we put ourclothin it?
Pemain l : Yes,sure.
(Lalu pemain I menunjukanakyang lain untuk menjawab tempat yang Ia maksud)
Anak VI : Wardrobe.
Pemain I : Correct.
Pemain I tetap menjadi pemain berikutnya yang menyembunyikan dirinya hingga ia menemukan anak yang tidak dapat menjawab dengan tepat setelah 5 anak menanyakan tempat yang dimaksud.

Question - Answer Debate

Tipe     : group
Level     : upper intermediate
Alat     : kertas dan pulpen


Permainan question-answer debate adalah sebuah permainan debatyang sangat populerdan sudah banyak Negara yang mengaplikasikannya sebagai wahana belajar mengajar di kelas. Dalam permainan ini, para murid dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok question (grup A) dan kelompok answer (grup B). Masing-masing siswa harus diberikan selembar kertas, di mana kelompok question mendapat kertas bertuliskan what would you do if...? dan kelompok answer mendapat kertas bertuliskan I would

Nah, kelompok question harus melengkapi kalimat yang mereka bawa masing- masing secara bebas, misalnya what would you do if you have lots of money? atau what would you do if your parent leaves you alone? Sementara itu, kelompok answer harus melengkapi kalimat mereka juga seperti I would cry, I would eat a lot, dan lain-lain.

Semua kelompok bebas berekspresi. Kemudian, kertas-kertas kelompok question dikumpulkan dalam kotak, demikianjuga kertas kertas kelompok answer dikumpulkan dalam kotak yang lain.
Saat grup A mendapat kesempatan pertama, seorang wakil harus mengambil harus mengambil masing-rnasing 1 kertas dan 2 kotak yang ada., lalu mendiskusikannya dengan kelompoknya. Grup Aini harus berargumentasi tentang question- answer yang mereka peroleh.
Contoh:
What would you do if you have a lot of money?
I would cry.


Maka, grup A harus bisa menjelaskan kenapa ia menangis bila mempunyai uang banyak. Grup B juga diberi kesempatan untuk berdebat, berusaha menjatuhkan jawaban Iawannya, sampai Anda merasa cukup. Permainan lalu dilanjutkan oleh grup B yang mendapat giliran mengambil 2 kartu.
Permainan ini sangat didukung oleh kemahiran Anda sebagai guru sekaligus moderator dalam mengontrol jalannya debat dan cara menilai argumen para siswa.

Sebaiknya setiap siswa disuruh untuk ikut memberi pendapat. Siswa-siswa yang memberi pendapat harus diberi nilai 1, sementara siswa yang diam saja tidak akan mendapat nilal. Di akhir permainan, nilai-nilai setiap siswa dalam tiap grup digabungkan untuk mendapat skor akhir grup. Grup dengan skor terbanyak adalah pemenangnya.

Complete The Proverbs

Tipe     : group
Level     : advance
Alat     : kertas, pensil, dan wadah


Sebagai persiapan, Anda harus menyiapkan sejumlah peribahasa (proverb) dalam bahasa Inggris yang dituliskan masing-masing pada selembarkertas. Namun, yang Anda tulis adalah setengah dan tiap proverb itu. Jadi tiap proverb Anda pecah menjadi dua bagian, satu bagian Anda tulis dalam daftar proverb dan sebagian yang lain ditulis dalam potongan-potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu Anda Ietakkan dalam suatu wadah di depan kelas.

Para pemain dibagi menjadi 2 grup, yaitu grup A dan grup B. Saatsemua sudah slap, bacakanlah sebuah penggalan proverb dengan keras agar kedua grup bisa mendengar dengan jelas.
Kemudian, grup yang bisa menjawab akan angkat tangan, lalu mengutus seorang wakil untuk mengambil penggalan proverb itu dalam kocokan kertas di dalam wadah.
Permainan diteruskan sampai proverbs yang Anda miliki telah habis dibacakan. Pemenang permainan ml adalah grup yang berhasil mengumpulkan potongan kertas terbanyak.
Berikut adalah contoh proverbs yang dapat anda gunakan beserta cara pemenggalannya:
better/ate/than never

> barking dogs / seldom bite
> all roads/lead to Rome
> a bully is/ always coward
> blood is / thicker than water
> courtesy/ costs nothing
> every cloud/ has a silver lining.


Puppet

Tipe     : group
Level     : intermediate
Alat    :  -


Di negara-negara Ba rat, permainanpuppetternyata sangat populer. Beberapa sekolah di sana sering menerapkan jenis game ni sebagai media pengajaran materi tertentu yang bias diperagakan. Untuk memainkannya, suruhlah para pemain untuk membentuk grup beranggotakan 3 orang. Tiap grup akan terdiri dan seorang puppet (wayang), mirror (cermin), dan leader (pemimpin). SebaiknyaAnda menunjuk 1 grupsecara bergiliran untuk memainkan puppet.
Pada saat permainan dimulai, tunjuklah 1 grup untuktampil di depan kelas. Beritahukanlah aturan mainnya, yaitu:

> Leader memberi kalimat perintah
> Puppet melakukan perintah si leader
> Mirror meniru gerakan puppet, namun kebalikannya.


Sebagai contoh, leader memberi instruksi ‘raise your left hand’, maka puppetakan menaikkan tangan kirinya bersamaan dengan mirror yang akan mengangkat tangan kanannya.
Permainan akan tambah seru apabia dimainkan dengan cepat, dan tidak ada jeda yang cukup lama antara perintah pertama dengan perintah selanjutnya. Apabila mirrormelakukan gerakan yang salah, maka grup tersebut dinyatakan gugur, begitu juga dengan puppet. Kemudian, panggillah grup yang lain untuk memainkan permainan ini.
Berikut adalah berbagai contoh instruksi yang dapat digunakan leader:

> Turn left!
> Lift your right foot up!
> Wave your left hand!
> Close your left eye!


Sebagal modifikasi, Anda juga bisa menerapkan permainan WonderfulMirror, yang agak mirip dengan permainanpuppet. Hanya saja, para pemain tidak meniru cermin yang sesungguhnya. Mirror tetap melakukan kebalikan gerakan si puppet tanpa mempedulikan kejanggalan-kejanggalan yang terjadi, yang tidak mungkin kita alami saat bercermin pada cermin yang sebenarnya.
Sebagai contoh, berikut adalah instruksi leader yang digunakan dalam permainan wonderful mirror.

> Stand up! (mirror tetap berdiri)
> Jump! (mirror diam tak bergerak)
> Move forward! (mirror bergerak mundur)
> Push something! (mirror menarik sesuatu)


Nah itulah  contoh Structure Game yang menyenangkan bisa anda aplikasikan di luar kelas. agar pembelajaran bahasa inggrisnya tidak bosan

0 Response to "4 Contoh Structure Game yang Menyenangkan"

Post a Comment