5 Contoh Aritmatik Game yang Menyenangkan

5 Contoh Aritmatik Game yang Menyenangkan
Aritmatik Game

Remove The King

Tipe         : group
Level        : Elemenmtary
Alat         : kursi


Permaina ini sangat cocok bagi anak berusia 5 — 7 tahun, atau pelajar SD kelas I. Pertama-tama Anda atur para pemain untuk duduk di kursi membentuk sebuah lingkaran terbuka. Anak yang duduk paling ujung berperan sebagai The King. Sedangkan anak-anak yang lain bertugas menggeser posisi The King sampai pada kursi paling akhir Permainan dimulai oleh The King dengan menyebut sebuah angka misalnya 5 (five). Anak yang duduk pada kursi nomor 5 harus dengan cepat menyebutkan angka lain umpamanya 8 (eight), dan anak nomor 8 menyebut nomor lain. Apabila seorang anak jadi bingung, tak bisa menjawab atau malah menyebut nomornya sendiri, Ia harus pindah ke kursi paling akhir, dan kursinya yang kosong akan ditempati oleh anak-anak dengan nomor di bawahnya. Anak-anak lain boleh menyebut nomór 1 untuk menggeser posisi The King. Anak yang bisa menggeser posisi The King disebut Hero (pahlawan). Sebaiknya permainan ini dilakukan dengan cepat agar lebih bersemangat dalam memainkanya.

Choose The Number

Tipe         : group
Level        : Elemenmtary
Alat         : Papan Tulis dan Kapur Tulis

Bagilah papan tulis menjadi dua dengan membuat garis vertikal di tengah papan tulis. Tulis angka 1 — 100 secara acak pada masing-maSiflg bagiari papan tulis. Buatlah 2 grup yang terdiri dan masing-masingg 10 pemain dan suruh mereka berbariS membelakangi papan tuliss. Berikan kapur tulis pada 2 orang pemain yang berdiri paling dekat dengan papan tulis. Kemudian suruh mereka menyilang angka yang Anda sebutkan (dalam bahasa Inggris), misalnya five. Maka pemain tersebut harus menyilang angka 5 dengan cepat, bahkan berlomba. Pemain yang lebih dulu menyilang angka harus duduk kembali. Segera setelah pemain itu duduk, berikan soal kedua pada pemain berikutnya. Permainan ini bertujuan untuk mencari grup yang anggotanya paling cepat menemukan angka. Jika ada seorang permain yang salah menyilang anka, maka Ia harus memperabaikinya.


Spinning Plate

Tipe         : Group
Level         : elementary
Alat         : piring plastik

Dalam permainan ini Anda memerlukan sebuah benda pipih dan plastik, misalnya tutup kaleng plastik atau piring plastik. Sebelum permainan dimulai, siapkan paling banyak 25 pemain dan aturlah mereka dalam posisi melingkar. Kemudian Anda menentukan nomor mereka masing-masing dimulai dengan nomor 1 sampai 25 dalam bahasa Inggris. Pemain pertama harus berdiri di tengah-tengah lingkaran dan kemudian memutar, piring itu di lantal selayaknya main gasing. Sementara piring berputar, ia akan menyebut sebuah nomor para pemain yang lain. Pemain yang nomornya disebut harus cepat-cepat menangkap piring itu sebelum putarannya berhenti, dalam tiga hitungan. Apabila ia berhasil menangkapnya, ialah pemutar piring berikutnya. Tetapi jika gagal, ia harus keluar dan permainan, dan pemain pertama kembali memutar piring itu. Teruslah bermain hingga diperoleh seorang juara. Agar lebih rumit, pemain yang memutar piring boleh mengucapkan 6 minus 3, 9 times 2, 11 pIus 5, dan seterusnya.

Buzz

Tipe         : Group
Level         : Elementary
Alat         : -


Permainan ini sebaiknya dilakukan oleh semua siswa dengan membentuk sebuah lingkaran di dalam kelas. Anda pun bisa memulai permainan ini. Anda harus menentukan kata terlarang, misalnya 4. Para pemain selanjutnya mulai menghitung secara bergilir, tetapi tidak boleh menyebut angka yang mengandung unsur angka 4 dan kelipatannya. Sebagai gantinya, mereka harus menyebut kata buzz. Jika salah seorang siswa melakukan kesalahan, ia harus dikeiuarkan dari lingkaran. Permainan dapat dilakukan kembali sampai diperoleh seorang pemenang tunggal.
Contoh:
Seperti di atas, kata terlarang adalah 4, maka pemain secara bergiliran harus menyebut: 1, 2, 3,_buzz, 5, 6, 7, buzz, 9, 10, 11, buzz, dan seterusnya.
Sebagam variasi, permainan ini juga bisa dipersulit dengan menggunakan 2 angka terlarang. Para pemain menyebut buzz sebagai pengganti angka 4 dan kelipatannya, sedangkan fizz untuk angka 7 beserta kelipatannya.

Simon Says Number

Tipe         : Group
Level        : Elementary
Alat         : -


Sebelum memulai permainan untuk level elementary ini, Anda harus memastikan bahwa semua siswa tahu betul urutan angka dalam bahasa Inggris, minimal dan nomor 1 — 10 (one ten). Tidak ada ketentuan jumlah pemain dalam game ini. Anda bisa menerapkannya di dalam kelas ketika semua siswa tengah berada di tempat duduk mereka masing-masing.

Aturan permainan ini adalah:
> Siswa harus mengikuti perintah apabila perintah tersebut diawali dengan kalimat, “Simon says, ...
• Siswa tidak boleh mengikuti perintah yang tidak diawali dengan kalimat Simon says.
> Apabila siswa mengikuti perintah yang tidak diawali kalimat Simon says, maka ia harus dikeluarkan dalam permainan.
Dalam jenis game ini, seluruh siswa dianjurkan untuk memberi jawaban secara imajinatif.
Berikut adalah contoh permainan Simon says yang berkenaan dengan angka:
•    Simon says, >> count to ten
•    Simon says, >> count from six to nine
•    Simon says, >> count from ten down to five
•    Count from one to ten
Simon says draw number one (untuk instruksi ini, pemain harus menggambar angka 1 dengan jari mereka di udara).

Sebagai bahan modifikasi, anda dapat menggambar terlebih dahulu angka-angka di papan tulis. Selanjutnya, Anda bisa memberi instruksi sebagai berikut:
> Simon says, point to number three
> Simon says, touch number one
Dengan demikian, siswa dapat menunjuk Iangsung angka-angka sesuai instruksi pada papan tulis.


Nah itu dia 5 Contoh game Aritmatik yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan buat dilakukan sambil mengasah kemampuan bahasa inggrisnya


0 Response to "5 Contoh Aritmatik Game yang Menyenangkan"

Post a Comment