7 Contoh Rhyme Games yang Mengasyikan

Untuk mengaplikasikan bahasa ingris dengan permainan saya mencoba untuk menyajikan

7 Contoh Rhyme Games yang Mengasyikan

7 Contoh Rhyme Games yang Mengasyikan
7 Contoh Rhyme Games yang Mengasyikan

 


Five Fat Sausages

Tipe     : Group
Level    : Elementary
Alat    : -


Permainan mengasyikkan ini sebaiknya dilakukan oleh 5- 6 orang pemain. Anda sendiri bertindak sebagai pengontrol jalannya aktivitas. Suruhlah semua pemain duduk melingkar. Pemain I berpura-pura memegang sebuah panci di atas api unggun.

Dalam hal ini semua pemain dapat mengembangkan imajinasi mereka dengan membayangkan suatu keadaan di mana mereka tengah duduk mengelilingi sebuah api unggun, sementara salah seorang dan mereka memegang sebuah panci di atas api unggun tersebut. Bayangkan bahwa terdapat 5 sosis besar yang lezat di dalam panci.
Pada saat game dimulai, pemamn II sampai pemain akhir mengatakan kalimat berikut:
Five fat sausages frying in the pan.
(Nama pemajn II) ate one and then there were four.

Pemamn II harus cepat-cepat merampas sosis dalam panci yang tengah dipegang oleh pemain I bersamaan ketika kalimat tadi diucapkan, sementara pemain yang lain berusaha keras untuk menangkap tangan si pemamn II. Apabila pemain II berhasil mendapat sosis itu tanpa disentuh oleh para pemain lain, maka kalimat itu kembali diucapkan sebagai berikut:
Four fat sausages frying in the pan.
(nama pemain III) ate one, and then there were three.

Jika pemain II disentuh tangannya oleh pemain lain, maka ialah yang selanjutnya memegang panci sebagai pemain I. Lalu, kalimat pertama kembali diucapkan. Lanjutkan sampai semua sosis berhasil ditangkap.

berikut adalah perminan serupa yang dimodifikasi sesuai dengan sajak (rhyme).
> Five fat French fries frying near the door.
> My dog ate one, and then there were four.
> Four fat French fries frying formy tea.
> My cat ate one and then there were three.
> Three fat French fries frying near the zoo.
An elephant ate one and then there were two.
> Two fat French fries frying in the sun.
> late two and then there were none.

Secret Rhyme

Tipe     : group
Level     : advance
Alat    :  -


Permainan secret rhyme adalah permainan yang diperuntukkan bagi para advanced learners yang sudah menguasai banyak vocabulary termasuk pronunciation-nya. Permainan ni sangat sesuai diterapkan pada saat anda selesai mengajarkan rhyme dan suku kata (syllable), serta pronunciation dan kosakata dalam bahasa Inggris.

Sebelum mulai bermain, pertama-tama bentuklah 2 grup yang terdiri dan 5-10 orang pemain. Grup pertama kita berinama grup A dan grup kedua kita berinama grup B. Setelah diundi, grup mana yang akan menjadi pemain pertama, maka permainan sudah dapat dilakukan.

Sebagai contoh, pemain I adalah grup A. Grup A harus berdiskusi, memikirkan sebuah kata dan kemudian menyebutkan kata itu dengan keras kepada grup B, dengan cara menyebutkan kata lain yang memiliki rhyme yang sama dengan kata yang telah mereka pikirkan. Misalnya, grup A memikirkan kata fan, maka salah satu dan mereka dapat menyebutkan, “We are thinking of a word that rhymes with can”. Kemudian, grup B harus mengajukan pertanyaan secara bergantian tentang kata yang dipikirkan oleh grup A yang memiliki rhyme dengan kata can, tanpa menyebutkan kata yang mereka maksud. Grup A juga juga harus menjawab dengan menyebutkan kata yang dimaksud oleh grup B.

Berikut adalah contoh dialog yang terjadi saat kata yang dipikirkan adalah fan sedangkan kata yang disebutkan adalah can:

GrupB : Isittocookrice?
GrupA : No,itisn’tpan.
Grup B : Is it God’s creator?
GrupA : No,itisn’tman.
GrupB : Isit warm andbright?
GrupA : No,itisn’ttan.
Grup B : Is it producing wind?
GrupA : Yes,itisfan.


Jika grup B tidak dapat menyebutkan kata yang dipikirkan oleh grup A, maka permainan akan dimulai kembali oleh grup A. Penilaian merupakan nilai kelompok atau Anda dapat melihat keaktifan tiap siswa dan menilal secara individu.

Rhyme The Last Word

Tipe     : Individu
Level     : Advance
Alat     : -


Rhyme the last word dapat dilakukan oleh pelajar yang sudah menguasai cukup banyak vocabulary dan rhyme-nya. Jumlah peserta tidak dibatasi sehingga permainan ini akan sangat fleksibel.
Mulailah menunjuk seorang pemain yang menjadi pemain pertama. Atau, kalau perlu, Anda sendiri yang menjadi pemain pertamanya sekaligus memberi contoh pada pemain-pemain yang lain.

Anda menyebutkan sebuah kalimat, lalu menunjuk seorang siswa (pemain II) untuk menjawab. Pemain II ini harus menjawab dengan menyebutkan kalimat di mana kata pertama dalam kalimatnya menggunakan kata dengan rhyme yang sama pada kata terakhir dalam kalimat si pemain I. Setelah itu, pemain II menunjuk pemain III, dan seterusnya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut:
Pemain 1 : Yesterdaylwasso blue.
Pemain 2 : You are so bad.
Pemain3 :  Sad is the title of my song.
Pemain4 : Long ago llost my blood.
Pemain5 : Floodis dan seterusnya.

Pemain yang tidak dapat menjawab atau tidak dapat mencari rhyme dan kata pemain sebelumnya atau tidak dapat menjawab dengan cepat, maka ia harus dikeluarkan dan permainan ini. Permainan dapat terus dilakukan hingga berhasil mendapatkan seorang pemenang yang masih bertahan.


Rhyme Words

Tipe     : group
Level     : upper intermediate
Alat     : -

Anda harus memberitahukan aturan permainan terlebih dahulu pada para pemain. Kemudian suruh mereka berdiri membentuk sebuah Iingkaran. Anda akan mengucapkan sebuah kata dengan satu suku kata kepada para pemain. Tugas mereka adalah memberikan kata lain yang bersajak sama dengan kata yang Anda berikan. Setiap pemain harus memberikan sebuah kata atas soal Anda tadi. Pemain yang tidak bisa menjawab, harus keluar dan Iingkaran. Berikan lagi kata-kata lain sampai diperoleh seorang pemain yang tetap tinggal di posisinya sebagai pemenang.

Contoh:
Get         cat,hat, bet
Cold         bold, hot


A Like

Tipe    : individu
Level     : advance
Alat     : kertas dan alat tulis


Berilah masing-masing pemain sebuah daftar kata-kata yang telah disediakan di bawah ni.

Butter possibly, custome, color, minute
Doll door, omit, model
Kind know, since, come, place
Ruller up, foot, food
Money young, put, thought
Without through, mathematic, other
Sit led, cooked, opened, combed
Teach chemistry, toothache
Cold so, today, bottle, other
Try fifty’, play, kind
Made want, map, mark
His sister, this, zoo, soon
Picture directly, water
Life live, geography, expensive


Para pemain harus melingkari kata di sebelah kanan tiap tiap baris yang memiliki cara pengucapan sama dengan huruf yang digaris bawahi. Pemain yang berhasil memberi jawaban benar terbanyak adalah sang pemenang.

The Last Rhyme

Tipe     : group
Level     : advance
Alat     :-


Semua pemain sebaiknya duduk membentuk tingkaran. Pemain pertama akan memulai permainan dengan mengucapkan sebuah kalimat. Misalnya, I have a dog. Kemudian, pemain selanjutnya harus mengucapkan kalimatyang kata pertamanya bersajak sama dengan kata terdahulu yang telah diucapkan oleh permain pertama. Misalnya, long ago, there wasa flood. Begitu seterusnya sampai diperoleh seorang pemain tunggal yang memenangkan permainan karena pemain yang gagal memberi jawaban harus dikeluarkan dan permainan.

Contoh jalannya permainan.
Pemain l : I have a dog.
Pemain II : Long ago there wasa flood.
Pemain III : Mud is difficult to walk in.
Pemain lV : This is my arm.
Pemain V : Calm yourself.


Find The Syllable

Tipe     : individu
Level     : upperin-termediate
Alat     : kertas dan Pulpen


Sebelum permainan dimulai, para siswa harus dipastikan telah cukup mengua Sai kosa kata dan spelling dalam bahasa Inggris, karena permainan berikut ini sangat berhubungan dengan kedua hal penting tersebut, yaitu menemukan aksen dan suku kata (syllable).

Anda harus mempersiapkan sebuah daftar yang berisi katak ata bahasa Inggris, lengkap dengan beberapa pilihan kata yang memiliki aksen dan syllable yang sama dengan kata di sebelah kirinya.

Contoh:
ExpensiVelY     - chemistry, dictation, impossible, difference
September     - bicycle, foundation, behind, geography
Handicapped     - together, patience, telephone, surprised
Thousand     - without, alphabet, homesick
Because     - vacation, accept, carriage

Tugas para pemain adalah mencari dan menandai kata-kata di sebelah kanan yang mempunyai jumlah suku kata dan aksen yang sama dengan kata kata di sebelah kirinya.

Pemain dengan jumlah nilai terbanyak adalah pemenang untuk permamainan ini,  Karena permainan find the syllable bersifat tidak begitu aktif, permainan ini dapat Anda jadikan sebagai bahan ulangan harian untuk siswa.

Nah itu tadi Contoh Rhyme Games yang bisa bapak ibu guru terapkan disekolah maupun di tempat kursus. semoga pembelajaran bahasa inggris anda menyenangkan dan mengasyikkan. Lanjut....

0 Response to "7 Contoh Rhyme Games yang Mengasyikan"

Post a Comment