Periferal Komputer Adalah

Pengertian Periferal Adalah

Periferal komputer merupakan peralatan yang terhubung dengan CPU komputer dan mendukung dan sebuah PC. Sebuah PC terdin dari beberapa komponen, di mana masing masing komponen memiliki fungsi tersendin yang akan saling berkaitan. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Periferal tersebut meliputi printer, scanner, modem, network card, dan lain sebagainya. Instalasi periferal meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi flk meliputi pemasangan penferal dengan baik dan benar, sedangkan instalasi software meliputi pengenalari periferal terhadap sistem operas’, yaitu  dengan menginstafl driver yang dibutuhkan.

Pengelompokan Periferal

Menurut fungsi dan kegunaannya ada 2, yaitu:
a. Periferal utama (main peripheral), yaitu pera latan yang harus ada dalam mengo perasikan komputer. Contoh periferal utama,  yaitu: monitor, keyboard, dan mouse.
b. Periferal pendukung (auxiafype1’iPheral), yaltu peralatan yang tictak mesti ada dalam mengo perasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya, yaitu: printer. scanner, modem, web cam, dan lain-lain.

Menurut proses kerjanya periferal dibagi menjadi 2, yaitu:

a. Perangkat masukan (input) adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkafl data
atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microf one, dan periferal lainnya.

Printer dalam bahasa Indonesia berarti pencetak (alat cetak). lstilah printer saat mi sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan kom puter diperlukan sebuab kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat mi, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, dan sebagamnya.

Ada beberapa jenis printer, di antaranya sebagai berikut.

a) Printer dot-matrix
Printer dot-matrix adalah pencetak yang fesolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis mi suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-ttik yang saling berh ubungan. Umumnya, printer jenis dot- matrix juga hanya mempunyai satu wama, yaitu warna hitam. Tetapi saat mi printer mi masih banyak digunakan karena memang terkenal bandel (at).

b . Perangkat keluaran (output), adalah peralatan Untuk menghubungkan periferal ke CPU
yang kita gunakan untuk menampilkan hash maka terdapat beberapa pilihan konektor, antara
pengolahan data atau penntah yang dilakukan lain:
oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain
monitor, printer, plotter, speaker, dan lain  lainnya.
Pengertian
standar konektor dan protokcl yang digunakan untuk mengoneksikan peralatan. Transfer data sebanyak 8 bit dalam suatu waktu dilakukan secara serial.
Merupakan interface hardware yang sering digunakan pada printer dimana transfer data sebanyak 8 bit dalam satu waktu secara paralei.
Merupakan interface hardware yang digunakan untuk mengoneksikan mouse dengan keyboard.
USB (Universal Serial Bus)1
USB merupakan interface hardware untuic mengoneks,kan periferal dengan kecepatan tinggi.

Koneksi secara wireless

Koneksi tanpa kabel.
1) Printer
Men erapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC ‘
Kelebihan lainnya, pita printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
b) Printer inkjet
Inkjet printer adalah alat cetak yang  sudah mengguriakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.
Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hash cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
c) lnkjet laser
Sebagian dan laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun
sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer mi cukup mahal.

2) Output scanner (Pemindai)

Prinsip kerjanya hampir sama dengan mesin fotokopi, yang membedakan hanyalah outputan/hasil keluaran dari proses pemindai data. Hasil output dan scanner dapat ditampilkan dalam monitor dan disimpan dengan berbagal format gambar seperti JPG, GIF, dan sebagainya.
Beberapa komponen pokok scanner adalah sebagal berikut.
a) Alas kaca
Alas kaca digunakan sebagai wadah dan gambar yang akan dibaca.
b) Sumber cahaya
Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi untuk menghashlkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
c) Sensor sinar pantulan
Sensor CCD (Charge Coupled Devices). Alat mi berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dan gambar. Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dan gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
d) Motor stepper dan pita bergenigi
Karena data dibaca bans perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergeniqi untuk mengqerakan !ampu dan
CCD.
e) Penutup cahaya
Urituk menghalangi cahaya masuk dan luaragar proses pemantulan cahaya dalam proses membaca data benl angsung sempurna.

Modem (communication device)

Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Modulatormerupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan slap untuk dikinimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dan sinyal pembawa (carrier) yang ditenima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Fungsi modem, yaltu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.Dewasa ml modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem mi, mengubah fungsi modem bukan hanya sebagal penyambung ke Internet tetapi lebih dan itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Saat mi sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam suara.

Selain itu modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem. Fa modem ml bekerja seperti faksimil, dengan sebuah software yang dirancang khusus dapat mengubah modem menjadi sebuah mesin faksimil, di mana modem mengubah dokumen digital menjadi sinyal analog dan dibangkitkan kern bali menjadi file gam bar jika yang menenma kembali adalah fax modem atau menjadi dokumen tercetak jika yang menerima adalah mesin faksimil.

Modem banyak jenisnya. Berdasarkan pemasangan pada perangkat komputer modem terdiri dan dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal..

a) Modem internal dipasangkan pada bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dan pabniknya),
b) Modem eksternal dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada serial port atau USB pada CPU.

0 Response to "Periferal Komputer Adalah"

Post a Comment