Modul Audio Multimedia

Modul Audio Multimedia
Modul Audio Multimedia
audio yaitu media untuk menyampaikan pesan atau rangkaian pesan hanya melalui suara. 

    Media audio mempunyai sifat yang khas, yaitu:
•    Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
•    Personal
•    Cenderung satu arah
•    Mampu menggugah imaginasi

Program Audio

    Program audio merupakan program yang dirancang untuk diperdengarkan kepada pendengar. Program audio ini direkam dan disimpan pada alat penyimpan, dapat dalam kemasan berupa kaset, ataupun CD. Untuk mendengarkan isi audio ini diperlukan alat pemutar, misalnya tape recorder kemasan kaset dan cd player untuk kemasan CD .

    Ketika mendengarkan audio ini kontrol sepenuhnya berada ditangan pendengar. Pendengar dapat mematikan, menghentikan sementara, ataupun mempercepatnya. Hal tersebut program audio mempunyai kelebihan-kelebihan, yaitu:

•    Dapat diulang-ulang

    Pengguna dapat mengulang sebagian atau keseluruhan isi program audio untuk lebih jelas.

•    Pengguna dapat menyesuaikan waktu

    Pengguna dapat mengatur waktu kapan dan berapa lama akan mendengarkan.

•    Pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan

    Pengguna dapat menghentikan sesuai kebutuhan, misalnya untuk mencatat isi/materi dalam program.

Elemen Media Audio

    Salah satu kelemahan Media audio adalah hanya mengandalkan suara, dalam penyampaian pesan atau informasi. Dengan kelemahan tersebut, maka dalam membuat sebuah media audio harus lah semenarik mungkin. Lalu bagaimana membuat sebuah media audio menjadi menarik? Media audio mempunyai tiga elemen yang dapat diolah dan diexplorasi untuk membuat suatu media audio menarik, yaitu unsur kata, unsur musik, unsur efek suara. 

•    Unsur Kata

    Merupakan kata-kata yang diucapkan oleh pemain (artis) secara teratur dan bermakna. Beberapa hal yang dapat dieksplorasi untuk memperindah sebuah media audio, penghayatan dalam pengucapan, intonasi, artikulasi, pilihan kata (diksi), dll. Meskipun demikian tidak semua kata atau suara pemain termasuk dalam unsur kata, misalnya suara keramaian orang di pasar, sorak sorai penonton suatu perlombaan. Kedua contoh tersebut masuk ke dalam unsur efek suara.

•    Unsur Musik

    Dapat diartikan secara umun, merupakan perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang tinggi. Musik dapat membuat sebuah media audio lebih menarik. Dalam media audio, musik dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, diantaranya:
-    Menciptakan suasana, misalnya suasana sedih, gembira, lucu, tegang, dll.
-    Identitas sebuah program audio
-    Jembatan dua buah adegan yang berbeda
-    Melatarbelakangi sebuah adegan
-    Memberi tekanan dalam sebuah adegan, misalnya terkejut, marah, dll.
-    Menguatkan latar (setting), misalnya adegan dalam istana kerajaan Mataram, digunakan musik gending jawa.

•    Unsur Efek Suara

Merupakan suara-suara yang dapat memberikan gambaran suasana  atau latar, baik waktu, tempat, maupun suatu kegiatan atau peristiwa.
Contoh:
-    Gambaran waktu, suara-suara yang digunakan untuk menggambarkan waktu kejadian sebuah adegan, misalnya kicau burung, kokok ayam jantan untuk menggambarkan waktu pagi. Suara jangkrik, burung hantu, lolongan anjing untuk menggambarkan waktu malam, dll.
-    Gambaran tempat, suara-suara yang digunakan untuk menggambarkan tempat kejadian, misalnya Suasana kantor dapat digambarkan dengan suara dering telepon, suara mesin ketik/komputer, suara printer yang sedang jalan, dll. Suasana terminal, dapat digambarkan dengan suara deru mobil, suara klakson, suara-suara asongan menawarkan dagangan, suara-suara kondektur mencari penumpang, dll.
-    Gambaran kegiatan, suara-suara untuk memperkuat adanya kegiatan atau peristiwa dalam sebuah adegan. Misalnya, suara buku dibuka-buka, untuk menggambarkan orang sedang belajar. Suara gelas pecah, suara mobil tabrakan, suara orang menggergaji, langkah kaki, suara pintu dibuka/ditutup, dll.

Prosedur Pembuatan Media Audio Pembelajaran

A.    Pra Produksi

•    Telaah
•    Penulisan Naskah

B.    Produksi

•    Team Produksi
    Produksi media audio ini merupakan kerja bersama(team work), kerja dari sekelompok orang yang memiliki keahlian atau ketrampilan  berbeda, sehingga diperlukan koordinasi antar anggota tim sehingga terwujud media audio yang baik, menarik dan komunikatif. 

Anggota tim tersebut yaitu:
1.    Sutradara, orang yang bertanggung jawab atas semua aspek manajemen dan artistik dari sebuah produksi.
2.    Operator, mempersiapkan peralatan rekam dan bertanggung jawab atas hasil perekaman.
3.    Teknisi, mengontrol dan memastikan semua peralatan dalam keadaan siap pakai.
4.    Penata musik, mempersiapkan musik dan sound effect sesuai dengan naskah.
5.    Editor, melakukan koreksi terhadap hasil rekaman dan melakukan mixing tutur (dialog/drama) dengan musik dan sound effect yang diperlukan sesuai naskah.

•    Rembuk Naskah (Script Conference)

    Setelah Sutradara menerima dan mempelajari, kemudian dilakukan rembuk naskah dengan penulis naskah, ahli materi dan ahli media. Rembuk naskah diperlukan untuk menyamakan persepsi pemahaman terhadap naskah, sehingga apabila diproduksi tidak terjadi kesalahan yang fatal.

•    Pemilihan Pemain (Casting)

    Setelah rembuk naskah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu pemilihan pemain. Pemain disini adalah orang yang akan memerankan tokoh dalam naskah. Pemilihan pemain yang baik, sesuai dengan karakter tokoh yang dituntut dalam naskah akan membuat media audio bagus dan menarik.

•    Latihan Kering

    Latihan kering maksudnya, para pemain diberi kesempatan untuk mempelajari naskah dan berlatih sebelum rekaman, agar mereka benar-benar paham akan isi pesan, alur cerita dan peran masing-masing dalam naskah tersebut. Hal ini untuk menghindari banyak kesalahan pada saat rekaman.

•    Rekaman(Recording)

    Rekaman adalah proses pengambilan suara dari masing-masing pemain. Sutradara adalah pengendali sepenuhnya jalannya rekaman. Sutradara bertanggung jawab atas kualitas hasil rekaman.

 Editing dan Mixing

Editing:    maksudnya adalah membuang atau memotong kata-kata salah yang dianggap tidak perlu atau juga menambah efek, misalnya echo. 
Mixing: maksudnya mencampur atau menambah musik, background, dan soundeffect sehingga media audio lebih terkesan menarik.

•    Preview

    Preview adalah kegiatan evaluasi terhadap hasil produksi. Preview ini dilakukan oleh tim yang melibatkan pengkaji materi, pengkaji media, dan sutradara sebagai penanggung jawab produksinya. Evaluasi terhadap hasil produksi ini ditinjau dari segi materi dan media. Dari segi materi misalnya ketepatan pengucapan. Tinjauan media, misalnya ketepatan penggunaan musik, efek suara (sound effect), kualitas suara, meliputi ada tidaknya noise, kestabilan volume. Jika hasil produksi belum dinyatakan layak, maka harus dilakukan perbaikan sesuai dengan masukan tim preview..

•    Pembuatan Master Audio Pembelajaran (Mastering)

    Menyimpan atau merekam hasil produksi media audio pembelajaran ini dalam kaset, CD, atau media penyimpanan lainnya. Master media audio pembelajaran ini yang kemudian akan dijadikan master jika diperlukan penggandaan.

Peralatan dalam Studio Rekaman

Produksi sebuah media audio profesional, proses rekaman dilakukan dalam sebuah studio rekaman. Studio Rekaman merupakan sebuah ruangan yang digunakan sebagai fasilitas proses rekaman. Sebuah studio rekaman paling tidak mempunyai dua ruangan, yaitu ruang rekam dan ruang kontrol. Idealnya merekam suara dilakukan di ruang rekam. Ruang rekam harus kedap suara, artinya dapat menyerap suara sehingga tidak
ada suara yang terpantulkan dan tidak bocor dari suara liar dari luar ruang rekaman. Sedangkan Ruang Kontrol, digunakan sebagai tempat dimana pemegang kendali jalannya rekaman berada dan melakukan rekaman terhadap suara-suara dari ruang rekaman.  

Peralatan yang umum ada dalam sebuah studio rekaman:

Mikrofon

Mikrofon merupakan barisan terdepan dalam sebuah proses rekaman. Karena alat ini merupakan tranducer yang dapat mengubah gelombang suara diudara menjadi variasi tegangan yang nantinya akan diubah menjadi data digital oleh sebuah converter. Berdasarkan tipe sensitifitasnya, mikropon dibedakan menjadi dua, yaitu omni directional dan uni directional.
untuk lebih detai lagi pembahasannya anda bisa mendownload filenya

Nama File            : Modul MPP Audio
Besar file             : 610 Kb
Link Download   : Modul MPP Audio Multimedia

0 Response to "Modul Audio Multimedia"

Post a Comment