Nilai, Jenis dan Teknik Berita

Nilai Berita

nilai-nilai sebagai berikut:

1)    Timeliness

Timeliness yaitu tepat waktu. Artinya memilih berita yang akan  disajikan harus sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh  pemirsa, pendengar atau pembaca.

2)    Prominence

Prominence yaitu suatu kejadian yang dilakukan atau menimpa  seseorang yang terkenal atau mengandung nilai keagungan.  Misalnya suatu kejadian yang me nimpa presiden atau pejabat.

3)    Proximity

Proximity yaitu kedekatan. Kedekatan di sini maknanya berfariasi,  yakni dapat dilihat dari segi ge ografis maupun emosional. Berita  kecil di lokasi terdekat dengan pendengar akan lebih berarti dan  ditunggu daripada berita besar teta pi lokasinya jauh dari pendengar  atau pemirsa.

4)    Conflict

Conflict yaitu kejadian yang berhubungan dengan kehidupan.  Konflik di sini bisa terjadi  antara orang perorang, ataupun  kelompok. Misalnya terjadinya  perang, ataupun bentrok antara  polisi dengan demonstrans.

5)    Human Interest

Human interest yaitu berita-berita  yang menyentuh rasa  kemanusiaan seperti masalah pengungsi dan kelaparan. Berita  seperti ini sangat bernilai untuk semua orang. Selain menarik  simpati, juga menggugah empati seseorang.

6)    Magnitude

Magnitude disini diartikan dengan  jumlah yang besar. Jumlah  korban jiwa atau kerugian yang besar dalam sebuah peristiwa  selalu menjadi perhatian masyarakat. Apalagi jika peristiwa  tersebut berhubungan dengan masalah ekonomi.

7)    Unique

Unique yaitu keanehan, keganjilan atau hal-hal yang spektakuler  dalam kehidupan manusia, selain memiliki unsur hiburan juga  dapat memberikan dorongan pr estasi sekaligus penyadaran terhadap dinamika kehidupan pendengar ataupun pemirsa.

Jenis Berita

Berita pada umumnya dapat dikate gorikan menjadi tiga jenis yaitu  hard news (berita berat), soft news (berita ringan), dan  investigative  reports (laporan penyelidikan).

Pembedaan terhadap ketiga kategori  tersebut didasarkan pada jenis peristiwa dan cara-cara penggalian datanya.

1)    Hard News

Hard news (berita berat) adalah  berita tentang peristiwa  yang dianggap penting bagi masyarakat baik sebagai individu,  kelompok maupun organisasi.

2)    Soft News

Soft news (berita ringan) seringkali juga disebut dengan feature yaitu berita yang tidak terikat dengan aktualitas namun  lebih menitik beratkan pada hal-hal yang dapat menakjubkan atau  mengherankan dan memiliki daya tarik yang tinggi bagi Pemirsa

3)    Investigative Reports

Investigative reports atau disebut juga laporan penyelidikan  (investigasi) adalah jenis berita yang eksklusif. Datanya tidak bisa diperoleh di permukaan saja, tetapi juga harus dilakukan
berdasarkan penyelidikan

Teknik Pencarian Berita

a.    Berlangganan melalui Kantor Berita Televisi

Reporter memperoleh informasi dengan cara mengambil (membeli secara berlangganan) dari kantor berita seperti CNN, Asianews, dan lainnya

b.    Wawancara

Wawancara merupakan kegiatan  komunikasi melalui proses  pertukaran informasi antara reporter dengan narasumber.

c.    Observasi Reporter di Lapangan

Dalam pencarian berita, seorang reporter mendapatkan informasi  dari berbagai sumber. Namun, semua itu tidaklah cukup untuk dijadikan  sebagai berita. Reporter harus terjun  langsung ke lokasi terjadinya suatu  peristiwa atau yang lebih dikenal dengan observasi. Hal ini bertujuan agar informasi yang diperoleh benar-benar valid sesuai dengan peristiwa yang sedang berlangsung atau terjadi.

unsur-unsur yang harus  dipenuhi adalah yang berkaitan dengan siapa (who), apa (what), dan kapan (when)

0 Response to "Nilai, Jenis dan Teknik Berita"

Post a Comment