Cara Belajar Menulis Karya Ilmiah yang Sederhana

Pastikalian lagi pada pusing ya?? karena dapat tugas bikin karangan ilmiah. Mau tau gak karangan ilmiah itu apa? okey, sebelum kita membuka materi  lebih lanjut tentang bagaimana dan apa caranya menulis karangan ilmiah lebih baik kita bahas dulu, apa si karangan ilmiah itu?
Karangan ilmiah adalah suatu karya yang sangat umum di susun oleh siswa/i atau pun mahasiswa/i dalam bentuk karya tulis dan isi dari karya tulis itu bisa berupa sebuah penelitian/pengamatan dan bisa juga untuk memecahkan atau memberi jalan keluar suatu masalah. Nah, apakah kalian udah tau apa karya ilmiah itu? Sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana cara menulis karya ilmiah kalian perlu tau langkah-langkah atau kerangka karangan untuk membentuk suatu karangan ilmiah. Karya ilmiah  memiliki atau terdiri dari tiga bagian saja,ialah terdiri dari ,pendahuluan,isi serta penutup karya ilmiah tersebut. Berikut penjelasannya:

1.Pendahuluan atau kepala permasalahan
   Pendahuluan ialah latar belakang masalah,atau bisa disebut juga rumusan masalah,serta tujuan dan juga sistematika penulisan suatu masalah. Itu semua juga merupakan bagian yang penting dan biasa di kenal dengan pengutaraan perumusan dan penjelasan masalah.
2. Isi atau badan permasalahan
isi adalah sebuah penguraian atau biasa di kenal dengan sebutan badan karangan.
3. Penutup akhir permasalahan
penutup berisi tentang sebuah kesimpulan yang di dalamnya ada hal-hal yang telah  di uraikan pada saat menjelaskan badan karangan dan juga sebuah saran yang ingin di sampaikan mengenai materi yang sudah di bahas kepada pihak-pihak tertentu.
Nah jika sudah tau bagian-bagian yang ada di dalam kerangka karya ilmiahsekarang kita akan memasuki tahap-tahap penulisan karangan ilmiah.

    Dalam menulis karya ilmiah harus menggunakan tata bahasa yang jelas, mudah di pahami dan cara penyusunnya juga harus berdasarkan dengan sistem tertentu yang berkesinambungan dan yang pasti mudah di mengerti, sebuah karya ilmiah harus mengandung masalah dan juga pemecahan masalah. berikut ini tahapan-tahapan dalam menulis karangan ilmiah/karya ilmiah :
a.    Harus ada pembatasan topik atau pemilahan naskah karangan.
b.    mengumpulkan bahan-bahan yang akan di susun menjadi sebuah karya ilmiah
c.    penyusunan kerangka tulisan
d.    mengembangkan karangan tulisan yang sudah di buat
e.    mengecek kembali isi karangan
f.    memperbaiki isi dan juga bahasa yang kurang tepat

Menulis karya ilmiah yang baik dan benar, serta tepat dan bagus itu harus sesuai dengan tahap-tahap yang sudah tersedia agar dapat memenuhi semua persyaratan yang ada. simpel banget kan?, jadi kalian tuh gak perlu bingung dan pusing lagi mikirin gimana caranya bikin karangan ilmiah itu, cukup pahami dan ikuti penjelasan di atas. Ok? Sampai jumpa lagi dilain waktu.

0 Response to "Cara Belajar Menulis Karya Ilmiah yang Sederhana"

Post a Comment