Cara Gampang Install Windows 7, 8, 10 dengan Flashdisk

Cara Gampang Install Windows 7, 8, 10 dengan Flashdisk

Tutorial Cara Gampang Install Windows 7, 8, 10 dengan Flashdisk
Menginstal Windows 7
Nih, buat kalian yang lagi bingung karna pengen menginstall sistem operasi windows tapi gak punya DVD drivenya atau udah rusak, udah gak usah pusing-pusing deh. Sekarang itu kalok mau nginstall sistem operasi gak harus menggunakan DVD drive karna sekarang bisa kok nginstall pakek USB flasdisk. artikel  ini memuat tentang bagaimana caranya menginstall sistem operasi windows baik itu windows 7, 8, maupun windows 10 jika tidak memiliki DVD drive maka kamu bisa pakai alat yang jauh lebih praktis dan simpel banget buat di bawa ke mana-mana, 

sekarang ini udah jarang netbook yang di sertai dengan DVD drive karna sekarang jaman semakin maju jadi kebanyakan orang lebih memilih menginstall dengan menggunakan USB flasdisk karna lebih simpel dan mudah.

Jadi,  menginstall sistem operasi windows  memakai flashdisk adalah solusi yang sangat benar dan tepat bagi kalian pengguna netbook maupun bagi anda yang mengalami kesulitan pada saat mau menginstall ulang windows 7, 8 maupun 10 dikarenakan DVD drive anda tidak bisa d pakai karna rusak.  

Untuk membikin bootable flashdisk,  kebanyakan orang menggunakan Rufus sebab pemakaiannya yang sederhana dan juga lebih cepat. Kamu dapat menginstall berbagai macam sistem operasi, termasuk windows 7, 8 dan 10  dengan mudah dan gak pakek ribet hanya dengan aplikasi yang sangat mungil ini. Sesungguhnya berapa besar kapasitas flashdisk tergantung sistem operasi apa yang akan kita install. 

Disebabkan setiap sistem operasi mempunyai ukuran yang tidak sama, jadi kamu harus menyesuaikan ukuran flashdisk  dengan sistem operasi yang akan kamu install. 

di bawah ini penjelasan langkah-langkah untuk membikin bootable flasdisk :
1. Kamu harus download aplikasinya disini. Masukkan USB flashdisk  lalu buka aplikasi Rufusnya. Device kamu akan secara otomatis  terdeteksi. Kemudian klik tombol berbentuk CD seperti yang terdapat pada gambar berikut.

2. Silakan pilih lokasi file sistem operasinya, lalu pilih/klik Open. Ingat !!, format file sistem operasinya .iso. Maka secara otomatis Rufus akan merubah file system dari  FAT32 jadi NTFS. 

Anda juda dapat merubah nama drivenya pada New volume label. Kemudian pilih Start. Dalam tutorial yang saya berikan  kali ini, saya tidak dapat merubah nama drivenya. kemudian akan muncul notifikasi kalok semua data yang ada pada USB drive anda akan hapus secara keseluruhan/ diformat, makanya sebelum kamu menggunakannya, kamu harus memastikan dulu apakah kamu telah menyalin semua data penting yang tertera di dalamnya atau belum. Dalam proses ini akan membutuhkan waktu kira-kira 20 menit. Aplikasi ini sangatlah cepat, akan tetapi semua itu tergantung dengan berapa besar ukuran sistem operasi yang kamu install dan kecepatan flashdisk yang kamu digunakan.

3. Selesai!! Sekarang flasdidkmu telah dapat di pakai buat media untuk melakukan instalasi windows, baik itu windows 7, 8 maupun 10. dan langkah selanjutnya silakan pilih Close dan media instalasinya sudah siap di gunakan

4. jika sudah lalu setting lah BIOS dulu, kenapa itu perlu di lakukan?? supaya booting pertama kali dari USB flasdisk dan agar device yang nomor satu muncul dan terbaca ketika pertama booting ialah USB flasdisk.jika udah, jangan langsung cabut flasdisk yang udah bootable tapi biarkan saja dengan posisi tetap terpasang di leptop atau pun komputer kamu.

5. kemudian restart komputer/ laptopmu, lalu tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk ke dalam menu BIOS. Naah, sekedar buat menambah pengetahuan ya, biasanya tombol yang paling sering dan umum dipakai buat masuk ke menu BIOS yaitu DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung pada motherboard anda karena manufacturer di setiap laptop itu berbeda-beda.

6. Lalu kamu akan melihat tampilan menu BIOS Setelah itu, kamu pindah ke tab Boot dengan memakai tombol ◄ ►.

Okey sekarang kita akan masuk ke dalam cara menginstall salah satu sistem oprasi windows, sebagai contoh yang pertama kita akan menginstall Windows 7 dengan menggunakan USB Flashdisk. 

Guys nanti kalian pasti akan melihat di layar monitor/leptop kalian, kamu dapat lihat di sana bahwa device yang berada di urutan teratas adalah HDD. Jadi komputer/ laptop kamu akan  booting pertama kali dari HDD.
yang harus kamu lakukan agar komputer/ laptop kamu melakukan booting pertama kali dari flashdisk, kamu harus menempatkan Removable Devices berada di urutan paling atas. caranya ialah dengan memilih Removable Devices, lalu geser memakai tombol +/- sampai berada di urutan teratas.
Lalu jika udah tekan F10 untuk menyimpan hasil setting sekalian keluar dari menu BIOS.

Gimana?? simpel kan, jadi sekarang kamu gak perlu pusing dan bingung kalok mau nginstall ulang sistem operasi tapi gak ada DVD drivenya, kamu cukup menggunakan USB flasdisk yang berisi sistem operasi yang akan kamu install. ok sampai di sini dulu ya, sampai ketemu next time.

0 Response to "Cara Gampang Install Windows 7, 8, 10 dengan Flashdisk"

Post a Comment