Jenis-jenis Animasi

Jenis-jenis Animasi

Animasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis... berikut penjelasan dari yang pertama hingga akhir...  selamat mempelajari: 

1. Yang pertama adalah Animasi Stop Motion

Stop motion berasal dari dua kata yaitu stop dan motion. Stop artinya berhenti dan motion berarti bergerak. Jadi,  stop motion berarti berhenti dan bergerak. Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat sebuah objek yang dapat dimanipulasi secara fisik agar terlihat seperti bergerak sendiri. Animasi stop motion biasa disebut dengan clay animation atau clay-mation karena dalam perkembangannya jenis animasi sering menggunakan clay(tanah liat) sebagai objek teknik stop motion. Teknik stop motion ini pertama kali ditemukan oleh Stuart Blankton pada tahun 1906, yaitu dengan menggambarkan ekspresi wajah sebuah karakter kartun di atas papan tulis kemudian gambar tersebut diambil dengan still camera, lalu gambar dihapus dan digambar ekspresi berikutnya dan dipotret kembali, dan seterusnya secara berulang.

2. Yang kedua ialah Animasi Tradisional

Animasi tradisional biasanya dikenal juga sebagai animasi cell atau animasi yang dihasilkan dengan  tangan yaitu setiap prosesnya menggunakan tangan. Animasi tradisional merupakan proses yang digunakan untuk film-film animasi yang paling lama yaitu pada abad ke-20. Contoh film ciri animasi tradisional seperti Pinocchio, Akira, dan lain- lain.

3. Yang ke tiga yaitu   Animasi 3D

Animasi 3D adalah persembahan grafik yang dicapai melalui komputer dan digital generator. Animasi 3d sendiri adalah sebuah model yang mempunyai bentuk, volume, dan ruang sehingga dapat dilihat dari segala arah. Teknologi animasi 3D sekarang ini banyak digunakan untuk membuat film-film animasi. Contoh film cirri animasi 3D yaitu Toy Story, Upin Ipin, boboy, dan masih banyak lainnya  .

4. Yang keempat yaitu Animasi Kombinasi

Animasi kombinasi adalah gabungan dari beberapa teknik animasi yang berbeda. Animasi kombinasi dibedakan menjadi 3 yaitu:

1. Kombinasi animasi 2D & 3D : penggabungan teknik animasi 2D dan 3D. Contohnya seperti film The Road to Eldorado, Titan A.E.

2. 2D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 2D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya seperti pada film Space Jam, Osmosis Jones.

3. 3D and Live Shot : penggabungan teknik animasi 3D dengan Live Shot (Syuting Ade-gan). Contohnya seperti pada film Jurasic Park, Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.

Berikut artikel yang saya tulis, semoga bermanfaat bagi kalian yang mempelajarinya,, sekian dan trimakasih

2 Responses to "Jenis-jenis Animasi"

  1. Terima kasih atas informasi yang anda berikan, artikel anda sangat bermanfaat sekali. hanya sekedar ingin tahu. dari jenis-jenis animasi yang anda sebutkan dalam artikel anda, manakah yang sering digunakan untuk membuat film animasi selain animasi 3D ?

    Jangan lupa kunjungi juga halaman kami di link http://flashcomindonesia.com/kursus-animasi-di-sidoarjo.html

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. yang nulis artikel ini dengan mas siapa
    ?

    ReplyDelete