Kelemahan Multimedia

Kelemahan Multimedia

kali ini saya memuat diartikel saya tentang kelemahan multimedia, semoga kalian yang membaca serta mempelajarinya: 

Multimedia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media-media lainnya seperti buku,audio, video, atau televisi. Keunggulan yang paling menonjol yaitu interaktivitas. 

Bisa dibilang semua ciptaan manusia banyak mempunyai kelebihan dan kekuranganya, sepeti kelebihan dan kekurangan multimedia sendiri yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang banyak, ketika suatu fungsi berjalan pasti dibelakan fungsi itu berjalan pula kekurangan-kekurangan yang mungkin bisa menjadi pelengkap atau bisa dikembangkan lagi dari kekurangan itu sendiri. Seperti ketika jaman dahulu multimedia yang sangat terbelakang bisa dibilang karena terdiri dari beberapa pixel saja, untuk ukuran gambar atau foto.

Multimedia juga memiliki keunggulan dan kelemahan, diantaranya sebagai berikut :

1. Interaksi yang sangat komplek misalnya aktivitas di dalam suatu simulasi sederhana di mana pengguna bisa mengubah-ubah suatu variabel tertentu atau simulasi komplek seperti simulasi menerbangkan pesawat udara. 

2. Interaksi yang komplek misalnya aktivitas di dalam suatu simulasi sederhana di mana pengguna bisa mengubah-ubah suatu variabel tertentu atau simulasi komplek seperti simulasi menerbangkan pesawat udara. 

Multimedia memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan media-media lainnya seperti buku, audio, video, atau televisi. Keunggulan yang paling menonjol adalah interaktivitas. Bates (1995) berargumen bahwa diantara media-media lain interaktivitas multimedia atau media lain yang berbasis komputer adalah yang paling nyata (overt). 

Sebagai perbandingan media televisi pun sebenarnya juga menyediakan interaktivitas, hanya saja interaktivitas ini samar (covert). Keunggulan multimedia dalam hal interaktivitas adalah media ini secara inheren memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan materi. Interaksi ini bervariasi dari yang paling sederhana hingga yang kompleks. 

Interaksi sederhana misalnya pengguna harus menekan keyboard atau melakukan klik dengan mouse untuk berpindah-pindah halaman (display) atau memasukkan jawaban dari suatu latihan dan komputer merespon dengan memberikan jawaban benar melalui suatu umpan balik (feedback ). 

Interaksi yang komplek misalnya aktivitas di dalam suatu simulasi sederhana di mana pengguna bisa mengubah-ubah suatu variabel tertentu atau simulasi komplek seperti simulasi menerbangkan pesawat udara. 

Keunggulan multimedia : 

1. Media alternatif dalam penyampaian pesan,  diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi

2. Menarik perhatian,  karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat 

3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi 

4. Interaktif
Setelah kita melihat beberapa kelebihan multimedia, sekarang kita lihat kekurangan dari multimedia itu sendiri. Berikut ini beberapa kekurangan multimedia. 
   

Kelemahan multimedia : 


1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan, pesan tidak tersampaikan dengan baik 

2. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

3. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable


Berikut artikel yang sudah saya kerjakan,, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih... 

0 Response to "Kelemahan Multimedia"

Post a Comment