Memahami prosedur membaca puisi yang MUDAH

Memahami prosedur membaca puisi yang MUDAH


Materi yang kalian hadapi disini agak berbeda dengan materi yang lainnya meskipun berkaitan dengan membaca Puisi. Kalian diajak untuk menerapkan prinsip membaca ekspresif pada saaat membaca puisi atau sajak. Cobalah kalian ikuti langkah-langkah yang diberi pada masing-masing Point:

Point (A)
                Apakah kalian tahu cara membaca puisi?? Puisi dapat diungkapkan atau                        dibaca dalam hati atau dengan suara yang keras. Berikut ini, kalian diajak   untuk membaca puisi dengan suara yang cukup keras tetapi dengan menerapkan teknik dan cara ucapan yang baik.
Sebelum menerapkan teknik dasar yang baik, kalian perlu memahami atau mengetahui beberapa prinsip yang diperkirakan pada saat kalian membaca puisi dengan keras,
Prinsip itu adalah volume suara,intonasi,artikulasi suara, gerak tubuh, mimik, serta pandangan mata.
1.    Volume suara
       Ialah kerasnya atau lemahnya suara kita pada saat membaca puisi.
2.    Intonasi
       Ialah lagu membaca yang meliputi penggalan kata atau sajak dan tinggi atau rendahnya suara pada saat kalian membaca kalimat demi kalimat.
3.    Artikulasi suara
       Ialah penyampaian kata demi kata dengan memperhatikan tutur kata yang benar serta  dengan suara yang jelas.
4.    Gerak tubuh
Ialah meliputi keseluruhan gerak anggota tubuh: kaki, tangan, badan, serta kepala sesuai dengan isi puisi yang dibaca.
5.     Mimik
         Ialah perubahan raut muka serta ekspresi wajah sesuai dengan karakteristik dan suasana (misalnya: sedih, gembira,atau semangat) yang digambarkan pada puisi yang dibaca.
6.    Pandangan mata
         Ialah arah dimana mata memandang, yang seharusnya mata tertuju kesegala penjuru tempat dimana penonton berada.
Diskusikanlah prinsip-prinsip tersebut dengan teman-teman kalian.

Point (B)
       Semua prinsip-prinsip itu sangat berguna untuk membaca sajak secara ekspresif. Apa yang dimaksud sengan membaca ekspresif?? Membaca ekspresif adalah membaca dengan mengekspresikan pikiran,perasaan atau  pengalaman yang dimiliki si penulis.
Pada dasarnya kegiatan dalam membaca ekspresif ini dilakukan dengan suara yang keras serta gaya dan berpenampilan sesuai denga isi puisi yang dibaca.

                 Point (C)
       Dengan keterangan yang disampaikan diatas, kalian dapat meengarisbawahi bahwa membaca ekspresif, cocok sekali digabungkan dalam membaca puisi.
                Point   (D)
       Membaca ekspresif sering dilakukan di depan kelas atau di depan teman-teman kalian serta diatas pentas. Jika demikian halnya, diperlukan teknik membaca puisi yang benar.

Dapat dikatakan  bahwa teknik ini ialah prosedur yang mengandung beberapa point. Point-point itu tidak harus ditempuh secara berurutan karena tidak saling menentukan.
(point tambahan dari point D)
cobalah kalian cermati teknik membaca puisi diatas pentas berikut:
TEKNIK MEMBACA PUISI DIATAS PENTAS
    Percaya diri (PD) bahwa kalian telah memakai pakaian yang rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca diatas pentas.
    Berdirilah dengan tegak tetapi agak santai serta tenangkan diri kalian diatas pentas sebelum kalian mulai membaca puisi kalian.
    Kuasailah pertunjukan serta penonton dengan mengarahkan pandangan kesegala penjuru dimana tempat duduk penonton.
    Hayati dan cermatilah puisi yang kalian baca dengan memahami isi dan pesan yang terkandung dalam puisi yang kalian baca.
    Bacalah puisi tersebut dengan suara yang jelas dan jangan terlalu terburu-buru serta dengan artikulasi suara yang jelas, dengan volume suara yang dapat menjangkau penonton dan serta dengan intonasi yang baik.
    Aturlah napas kalian dengan baikdan dengan menyesuaikan dengan penggalan kata, larik, serata bait perbait puisi tersebut,
    Pusatkanlah perhatian kalian pada puisi yang dibaca dengan menguasai panggung dan tanpa terpengaruh oleh penonton atau teman kalian.
Point (E)
Setelah kalian memahami teknik membaca puisi diatas, praktikkanlah teknik tersebut di depan kelas kalian. Anggaplah posisi depan kelas itu sebagai pentas dan teman-teman kalian itu ialah penonton. Kalian dapat membaca dengan teknik membaca tersebut secara berganti-gantian  kepada teman kalian, dan kalian dapat memberikan komentar, pendapat serta penilaian kalian.

Point (F)
          Dari komentar, pendapat, serta penilaian teman kalian, kalian merasa bahwa  point-point pada teknik membaca puisi diatas perlunya ada tambahan. Diskusikanlah dengan temann sebangku kalian point-point apa saja yang perlu ditambahkan?? .

Point (H)
          Serta dari penambahan point dari pada (point F) diatas,kalian memahami bahwa prosedur tentang teknik membaca puisi itu merupkan bukan prosedur yang ketat yang setiap pointnya harus ditempuh satu demi satu secara berurutan. Kalian juga mungkin berpendapat bahwa puisi dengan isi serta pesan atau amanat yang terkandung dalamnya yang berbeda untuk menuntut teknik membaca yang berbeda pula. Diskusikanlah apakah teman sebangkumu sependapat dengan apa yang kalian rasakan?? .

0 Response to "Memahami prosedur membaca puisi yang MUDAH"

Post a Comment