Menulis Teks Pidato Yang Baik dan Benar

Menulis Teks Pidato Yang Baik dan Benar

Apa si yang di maksud dengan pidato?
Pidato adalah pengungkapan dalam bentuk kata-kata yang di tujukan kepada  banyak orang. sebelum kalian berpidato, tentu ada baiknya kalian menyiapakan materi pidato terlebih dahulu. menulis naskah pidato juga tidak boleh asal, dalam menulis teks pidato harus menggunakan aturan yang baik dan benar. berikut ini langkah-langkah yang harus kalian perhatikan dalam menyusun naskah pidato yang baik dan benar :

1. Menentukan Tujuan Pidato

Dalam berpidato tentu kalian memiliki tujuan bukan? tujuan pidato itu bermacam-macam contohnya untuk memotivasi, menghibur (rekreatif), melakukan tindakan, memberitahukan (instruktif), atau membujuk pendengar (persuasif).

2.Menganalisis Pendengar

Menganalisis pendengar ini di dasarkan pada tingkat usia, pendidikan, dan pekerjaannya.

3. Menyusun Kerangka Pidato

Dalam menyampaikan suatu masalah, kerangka pidato harus di buat
dengan urutan berdasarkan penyelesaian masalah.
susunan kerangka pidato pada umumnya sebagai berikut :
    Salam Pembuka
Salam pembuka umumnya berisi sapaan kepada yang hadir dalam acara tersebut, di mulai dari yang kedudukannya paling tinggi sampai yang paling rendah secara berurutan dan di lanjutkan salam pembuka.
    Pendahuluan
Pendahuluan biasanya berisi ucapan syukur kepada allah SWT, kemuadian menyebutkan topik pidato yang akan di sampaikan ( jika ada ).
    Isi pokok
Isi pokok berisi tentang inti dari pidato tersebut.
    Simpulan
Simpulan berisi kesimpulan dari pidato tersebut.


    Harapan-Harapan
Harapan-harapan berisi tentang dampak positif yang di harapkan terjadi pada pendengar pidato setelah mendengarkan pidato.
    Penutup
Berisi tentang ucapan terima kasih, meminta maaf, dan salam penutup.
4. Kembangkan Kerangka Tersebut menjadi Naskah yang Lengkap
Pengembangan kerangka di atas dapat di lakukan dengan menguraikan pokok-pokok masalah padakerangka karangan menjadi kalimat-kalimat ke paragraf-paragraf.
Nah, untuk mencapai hasil terbaik kalian harus banyak mendengarkan pidato atau membaca teks pidato agar kalian dapat memahami pola-pola kalimatnya.Belajar berpidato atau pun membuat naskah pidato tidaklah sulit jika kita memahami setiap langkah yang ada dengan sungguh-sungguh.

0 Response to "Menulis Teks Pidato Yang Baik dan Benar"

Post a Comment