Pengertian Multimedia interaktif

Pengertian Multimedia interaktif

A.Pengertian Multimedia Interaktif

Kita mencoba belajar memahami pengertian multimedia secara etimologis, baiklah perlu kalian dan kita semua tau bahwa multimedia itu berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “multi”yang artinya banyak/beaneka ragam dan “medium” yang berarti sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan atau bisa juga untuk  membawa sesuatu.

Ada banyak sekali definisi-definisi yang di lontarkan oleh beberapa para ahli tentang multimedia akan tetapi, apakah inti dan kesimpulan dari para ahli tentang multimedia itu sama?? mari kita simak definisi-definisi tentang multimedia di bawah ini :

1. Para ahli memiliki pendapat masing-masing salah satunya Vaughan (1994: 4), dia memiliki kesimpulan bahwa multimedia adalah “aneka ragam perpaduan dari teks, grafik, suara, animasi, dan video yang diberikan dengan menggunakan komputer atau  bisa juga dengan alat elektronik lainnya”.

2. beda halnya dengan Vaughan, seorang ahli yang bernama Rada (1995) mempunyai pendapat yang berbeda, ia berpendapat “multimedia itu menjurus kepada perpaduan/sinkronisasi aliran media (any synchronized media stream)”. nih aku kasih contoh multimedia biar tau,salah satu contohnya kaya film-film modern.

 3. Jika kedua para ahli seperti vaughan dan juga rada tadi memiliki pendapat yang berbeda tentang multimedia, lain halnya dengan beberapa ahli berikut ini. Heinich, Molenda, Russell & Smaldino (1999: 229) pendapat mereka sama yaitu menarik kesimpulan bahwa “multimedia merujuk ke berbagai perpaduan dari dua atau lebih format media yang terintegrasi menjadi bentuk informasi atau program instruksi”.

Okey, dari berbagai pendapat yang telah di lontarkan oleh beberapa para ahli di atas, ada yang bisa menyimpulkan intinya?? iya, multimedia ialah kombinasi dari bermacam-macam media (format file) dalam bentuk teks, audio, serta intraktif yang di pakai untuk memberikan pesan atau informasi dari pengirim untuk penerima pesan/informasi.

Taukah kalian jika multimedia itu telah terbagi menjadi dua ialah Multimedia linear dan juga Multimedia interaktif. Nah kita akan membahas satu persatu, Multimedia linear yaitu sebuah multimedia yang tidak memiliki alat pengontrol apapun yang bisa di pakai oleh pengguna. Dan multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan) seperti TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif ialah suatu multimedia yang dilengkapi  alat pengontrol yang bisa dioperasikan oleh pemakai, supaya pemakai bisa memilih apa yang diinginkan untuk langkah selanjutnya. Contoh dari multimedia interaktif antara lain Aplikasi game dan CD interaktif.

Gimana? udah tau pengertiannya kan, dari definisi di atas dapat disimpulkan, apabila pemakai mendapatkan kebebasan dalam mengontrol multimedia itu, ini disebut multimedia interaktif. Karakteristikpaling utama dan terpenting dari multimedia interaktif yaitu siswa tidak cuma memperhatikan media atau objek saja, akan tetapi  juga dituntut agar bisa berinteraksi selama proses pembelajaran. Multimedia interaktif menyatukan dan mensinergikan segala media yang terdiri dari teks, grafik,  audio dan  interaktivitas (Green & Brown, 2002: 2-6). yuk kita pelajari satu persatu.

1.Teks

Kalian pasti berpendapat bahwa teks adalah tulisan, SALAH!! Teks adalah simbol yang berbentuk medium visual yang dipakai buat menjabarkan bahasa lisan. Teks  tidak hanya memiliki satu jenis tapi banyak sekali , teks mempunyai sejumlah jenis bentuk atau tipe contohnya seperti Time New Roman, Arial, Comic San MS dan masih banyak lagi dan bukan hanya itu, teks juga memiliki beraneka ragam ukuran dan warna. Satuan dari ukuransebuah teks terdiri dari length dan size. Length umumnya menyatakan banyak teks di dalam suatu kata atau pun halaman. Size di gunakan untuk mengatur  ukuran besar atau kecil huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. dan kalian perlu tau , semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar pula ukuran hurufnya.

2.Grafik

Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Semua gambar dua dimensi ialah grafik. Apabila gambar di render bentuk 3D, umumnya tetap disajikan memakai medium dua dimensi termasuk juga gambar yang tampilkan dari kertas, televisi atau bisa juga layar monitor. Grafik dapat menampilkan kenyataan (reality) atau cuma berupa ikonik. contoh dalam bentuk nyata  foto, dan contoh grafik yang berupa ikonik ialah kartun kaya gambar yang sering ditempatkan dipintu toilet buat membedakan toilet laki-laki dan toilet perempuan.

3.Audio

Medium berbasis suara atau audio yaitu segala hal yang bisa di dengarkan mengunakan indera pendengaran.  misalnya narasi, lagu, sound effect, back sound.

4.Interaktivitas

Lain halnya dengan teks, grfik, dan juga audio, interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas merupakan desain dibalik sebuah program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses beraneka ragam bentuk  media atau jalur dalam sebuah program multimedia sehingga program itu bisa jauh lebih berharga dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas umumnya di kenal dengan interface design atau human factor design. 

sama halnya dengan multimedia, intraktifitas telah di bagi menjadi dua kategori/struktur, antara lain struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear hanya memberikan satu pilihan situasi saja ke user sedangkan struktur non linear terdiri dari beraneka ragam pilihan yang di sediakan untuk pengguna.

okey deh, itu dulu ya sedikit informasi tentang multimedia dan isinya, kita ketemu lagi lain waktu dengan topik yang berbeda, bye-bye.

0 Response to "Pengertian Multimedia interaktif"

Post a Comment