Pengertian Vektor Image

Setelah kita mengetahui apa itu Program Pengolah Desain Grafis kali ini saya akan memberikan anda Artikel tentang Program Aplikasi Grafis Vektor yang statusnya adalah salah satu jenis Program Pengolahan Desain Grafis.

Program Aplikasi Grafis Vektor ialah sebuah program yang mengolah sebuah gambar yang dibentuk oleh objek yang berbentuk garis dan kurva kemudian kualitas gambar yang dihasilkan tidak tergantung pada tinggi rendahnya resolusi.

Apa saja Kelebihan dari Program Aplikasi Grafik Vektor..?

tidak dipungkiri lagi jika sebuah program aplikasi memilki keunggulan dan kelemahan, sekarang terlebih dahulu kita melihat kelebihan sekaligus menjadi cirri-ciri  dari program aplikasi grafis Vector adalah :
- Memilki kapasitas objek yang tidak terlalu besar atau sedang
- Printer anda dapat mencetak dengan resolusi tertinggi
- Anda dapat mengubah bentuk dan ukuran tanpa mengurangi kualitas atau mutu gambarnya
- Relatif lebih mudah untuk menggambar dan mengedit gambar
- Warna yang dihasilkan sangat cocok untuk membuat logo
- lebih mudah untuk menyeleksi gambar saat di sunting atau di edit ulang
- memilki kemudahan saat kita mendownload gambar ini karena berkapasitas kecil.

Lalu bagaimana dengan kelemahannya?

kelemahan vektor sendiri yaitu ketika kita ingin mengubah grafik vector kedalam bentuk bitmap, gambar yang dihasilkan akan buruk atau bisa dibilang tidak bagus , selain itu gambar yang dihasilkan juga tidak natural.
Sofware yang digunakan untuk menghasilkan gambar grafis berbasis grafis vektor ialah Draw Sofware . 
untuk Draw Sofware sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu :

Vektor dua dimensi

pada umumnya dua dimensi adalah sebuah objek yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandangan saja hasil yang didapat dari vector dua dimensi adalah Logo
berikut adalah software yang digunakan untuk membuat grafik vector dua dimensi
a)  Corel Draw : Desain Logo,
b)  Macromedia Freehand
c)  Adobe illustrator 

ketiga software diatas biasanya digunakan untuk mendesain logo,barner,brosur,stiker,poster dll. Sebenarnya correl draw sendiri dapat mengubah gambar 2D menjadi 3D dengan menggunakan tool didalamnya,namun ini akan kita bahas di artikel selanjutnya,

Vektor tiga dimensi

berbeda dari dua dimensi yang dapat dilihat dari satu arah pandang saja,tiga dimensai memilki kelebihan dimana kita dapat membuat sebuah gambar yang dapat dilihat dari berbagai arah sudut pandang.
contoh dari vector tiga dimensi ialah :
a)    Maya 3D
b)    Strata CX

sebenarnya masih banyak lagi, namun saya hanya mengambil beberapa contonya. Biasanya software ini digunakan untuk membuat design Rumah sehingga terlihat semua bagian rumas tersebut.
Secara keseluruhan program aplikasi Vektor sangat mudah digunakan namun anda harus belajar terlebih dahulu, salah satunya membaca artikel-artikel di blog ini, 

jangan lupa jika anda ingin membuat sebuah gambar seperti logo gunakan software Coreldraw karena software ini sangat efisien dan mendukung untuk pembuatan logo.

0 Response to "Pengertian Vektor Image"

Post a Comment