Perangkat Lunak (software)

Apakah  Pengertian dari Sofware?

      berbeda dengan Hardware atau perangkat Keras yang memilki wujud yang nyata,Sofware hanya dapat dijalankan dan dilihat menggunakan Monitor tanpa kita mengetahui wujudnya. Pengertian dari Sofware yaitu  sekumpulan data electronic berupa Program atau intruksi   di dalam Komputer tersebut  kemudian  diatur  oleh Komputer itu sendiri yang akan menjalankan suatu perintah.

 Fungsi Umum Sofware  :

- Sebagai sarana untuk  mempermudah kerja pengguna komputer (user)
- Sebagai media interaksi antara pengguna computer (user ) dengan Perangkat keras     (hardware).
- Mengindentifikasikan Program.
- Mengontrol tata kerja Peralatan didalam Komputer dengan menyiapkan sebuah Aplikasi Program.
Menurut fungsinya  software dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu Sofware Sistem Oprasi  , Sofware Bahasa Pemrograman dan Sofware Progaram Aplikasi.

Berikut adalah definisi dan Contoh dari  ketiga jenis Sofware tersebut :

1.  Sitem  Oprasi

     Merupakan Sofware yang memilki banyak fungsi karena Sofware jenis ini adalah Sofware  yang paling penting dari Ketiga jenis Sofware yang akan kita bahas. Salah satu fungsinya adalah mengatur dan mengontrol  Perangkat keras atau Hardware yang terhubung  dengan Central Procecor Unit (CPU) selain itu Sistem Oprasi juga berfungsi sebagai  Penerjemah aktifitas atau media interaksi agar segala intruksi yang diperintahkan oleh User dapat dikerjakan oleh Central Procecor Unit. Sebenarnya sudah banyak Sistem Oprasi yang dapat kita gunakan namun kini kita akan membahas dua jenis Sistem Operasi  yaitu
- Microsof  Windows (Windows 98,Windows 2000,Windows XP, Windows Vista,Windows    7 dan Windosw 8 )
- Linux (Ubunthu,Redhat dan Mandrake)

2. Bahasa Pemrograman

    Bahasa Pemrograman merupakan Sofware Bahasa Komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat sebuah rancangan menggunakan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri . 

sedangkan Bahasa Pemrograman dibagi menjadi  3 jenis diantaranya adalah :
Low level language  :   jenis Bahasa  pemrograman Low level Langguage atau Tingkat rendah  adalah jenis pemrograman generasi pertama.  Oleh karena itu jenis Bahasa Pemrograman ini sangat sulit untuk dimengerti dikarnakan intruksi yang digunakan adalah  bahasa mesin. Biasanya yang mengerti bahasa pemrograman jenis ini adalah si pembuat mesin itu sendiri . contohnya adalah microprosesor intel 8088.

Middle level language : intruksi yang digunakan didalam Bahasa pemrograman tingkat menengah atau Middle level language sudah mendekati bahasa sehari-hari namun masing menggunakan singkatan seperti “STO” untuk store  dan “MOV” untuk move. Contoh  yang menggunakan bahasa pemrograman jenis ini adalah  assembler.
Hight level language : disebut juga Bahasa pemrograman tingkat tinggi karena  untuk mengenal bahasa pemrograman jenis ini sangatlah mudah,hal ini disebabkan karena  sudah menggunakan bahasa  sehari-hari  dan berikut  adalah contohnya : Informix,java,PHP,C,C++,ASP dan masih banyak lagi.

3. Program Aplikasi

         Program aplikasi merupakan Sofware yang paling mudah kita kenali karena Sofware jenis ini  dibuat khusus untuk membantu kita menyelesaikan  sebuah tugas seperti mengetik,mengedit video, memburning VCD/DVD, menjumlahkan angka, mengedit foto dan juga dapat digunakan sebagi sarana hiburan seperti menonton Vidio, memutar Music dan lain-lain.
untuk Sofware jenis Program aplikasi juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. 

Program pengolah Kata : umumnya program pengolah kata digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam bentuk tulisan , seperti surat undangan,  laporan , Proposal dan masih banyak lagi. Untuk aplikasi yang dapat digunakan contohnya : Wordpad,Notepad dan Microsoft Word.
Program pengolah Angka  : Program pengolah angka adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat data tertulis berupa angka atau neraca. Contoh aplikasi yang sering digunakan adalah Microsoft Exel dan Calculator yang sudah tersedia di computer anda.
Program pengolah gambar : Sofware aplikasi ini digunakan untuk membuat atau mengedit sebuah gambar dua dimensi Vector dan Raster. Contoh program pengolah gambar adalah Paint,Coreldraw dan adobe Potoshop. 

program aplikasi pembuat presentasi : program aplikasi jenis ini digunakan untuk mempresentasikan idea atau gagasan dalam bentuk slide-slide. Contoh untuk aplikasi jenis ini adalah Microsof PowerPoint.

Program aplikasi Multimedia : adalah sebuah aplikasi yang dirancang dengan elemen-elemen seperti dokumen,gambar,suara,video dan animasi.   contoh aplikasi yang masuk dalam Program aplikasi multimedia adalah Winamp,Adobe Premiere, Windows media player,correl draw (vector image editor),adobe potoshop (raster image editor) , Macromedia Flash dan masih banyak lagi.

0 Response to "Perangkat Lunak (software)"

Post a Comment