Program aplikasi pengolah Vector

Program yang digunakan dalam aplikasi pengolah vector adalah program yang dapat membuat gambar dalam bentuk grafis atau garis.
berikut ini beberapa program pengolah Vektor sekaligus kegunaan dan keterangannya :

A.    CorelDraw

Kelebihan CorelDraw
CorelDraw adalah sebuah Program Design Grafis yang digunakan untuk mendesain logo,kartu nama, desaint stempel dll. Dalam artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa CorrelDraw memilki fasilitas Tool yang begitu lengkap sehingga CorelDraw menjadi pilihan pertama jika anda ingin mendesain sebuah gambar Vektor. CorelDraw dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Corel Corporation, awal mula kemunculan CorelDraw adalah ditahun 1989 yang meluncurkan versi pertama yaitu versi 1.01 kemudian berkembang hingga sekarang yang berada pada versi X7 yang diluncurkan  pada tahun 2014. 

CorelDraw juga dikenal sebagai program yang dapat mengubah gambar 2D menjadi 3D menggunakan Tool-tool yang berada didalamnya tool itu adalah extrude ,bevel,contour,gradasi warna,efec bayangan. Selai itu juga Coreldraw sangat disarankan untuk anda yang memilki usaha percetakan karena CorelDraw  memiki fitus setting yang sangat mudah.
 

Kelebihan CorelDraw

karena cara settingnya mudah banyak pengusaha percetakan di Indonesia menggunakan CorelDraw, snap to objek yang sangat berguna atau bermanfaat ,pengerjaan lay out yang cepat, User Friendly.
 

Kelemahannya

Kurang memuaskan karena fiturnya tidak selengkap adobe illustrator, sangat  lelet saat digunakan untuk membuka atau memasukan file yang berukuran besar, warna yang dihasilkan juga berbeda saat kita mendesain dimonitor dengan warna yang dihasilkan saat kita print terkadang ini yang membuat kita kesal.

A.    Macromedia Freehand

Keunggulan dari Macromedia Freehand
Mungkin sebagian dari kita lebih memilih CorelDraw dan Adobe illustrator dibandingkan dengan macromedia Freehand yang  sangat asing ditelinga kita, namun jangan diragukan lagi karena Macromedia Freehand saat ini sudah dimilki oleh perusahaan Adobe,  Macromedia Freehand pertama meluncur di tahun 1988 oleh James R.Von her. Hingga saat ini freehand 11.02 yang masih dikembangkan lagi. Fungsi dari Macromedia Freehand sama seperti CorelDraw dan juga Adobe illustrator.  

Keunggulan dari Macromedia Freehand adalah  software ini dapat berkolaborasi dengan software macromedia lainnya seperti macromedia dream waver, flash dan macromedia lainnya.

B.     Adobe illustrator

Keunggulan Adobe illustrator
Adobe illustrator adalah sebuah software yang memilki pengguna cukup tinggi memadai CorelDraw di Indonesia karena  memilki kemudahan dan Tool-tool yang sangat lah mudah. Adobe illustrator dikembangkan oleh perusahaan  Adobe inc yang  memilki kualitas yang sangat baik. Pertama kali Adobe illustrator muncul ialah versi 1.1 pada tahun 1987 kemudian dikembangkan hingga saat ini yaitu versi CS6.

Keunggulan Adobe illustrator sendiri diantaranya adalah  :  Dapat membuka file dengan ukuran besar tanpa ada kendala macet,lelet atau yang lainnya, karena adobe illustrator berada dibawah perusahaan adobe maka dari itu kita mudah untuk mengintegrasikan hasil design vector kita ke software adobe yang lain, memilki fitur yang lengkap sehingga  , memilki efek yang sama seperti Photoshop namun tidak semuanya sama hanya beberapa saja, ini yang paling penting ialah memilki warna yang sama saat kita mendesain di monitor dengan saat kita print out  karena inilah yang kita harapkan saat mendesain.

selain itu Adobe illustrator juga memilki kerurangan diantaranya : jarang sekali tutorial yang dipasang di blog-blog sehingga bagi kita para pengguna baru akan kesusahan, di negara kita sendiri masih banyak percetakan yang belum menggunakan adobe illustrator jadi saat anda mencetak nanti file anda akan diubah ke CorelDraw terlebih dahulu.

Sebenarnya masih banyak lagi Program aplikasi pengolah Vector yang lain, namun saat ini hanya tiga itulah yang digunakan di Indonesia saat ini.

0 Response to "Program aplikasi pengolah Vector "

Post a Comment