Tim Kerja adalah

PEMBENTUKAN TIM KERJA

Tim Kerja adalah

Tim Kerja atau team work ialah sekelompok orang yang bekerja sama secara tetap dan memiliki tujuan yang sama.
Kemudian setelah dikenali karakteristik dari pekerjaan yang akan dikerjakan, pembentukan tim kerja ini memiliki orientasi jangka panjang
Walaupun telah ada proses pengenalan atas pekerjaan maupun ciri kepribadian anggota tim, untuk dapat menjadi tim tersebut sebagai tim kerja yang Efektif tidaklah mudah.

Untuk itu ada dua hal yang perlu diperhatikan dan diupayakan penciptaannya yaitu : adanya daya ikat (kohesi) dan daya padu di dalam tim kerja tersebut.

1. Daya Ikat atau Kohesi

Suatu Tim akan tumbuh dari sebuah pengalaman bersama seluruh anggotanya dalam kurun waktu yang cukup lama. Biasanya pengalaman yang lama ini bahkan cenderung membentuk sikap yang menyesatkan atau illusive dengan emblem-emblem seperti “semangat tim” (lambing-lambang, slogan dan lain-lain).
Apa bila ada setiap orang dalam timnya kurang merasa menjadi bagian dari timnya atau merasa tidak perlu berarti orang tersebut memiliki Daya ikat yang rendah terhadap timnya, atau sebaliknya ia merasa bangga dan sadar benar menjadi angota dalam timnya maka ia memiliki daya ikat yang tinggi

2. Daya Padu (integrasi)

Suatu Tim akan melakukan penyatuan semua tujuan pribadinya ke dalam angotanya untuk tujuan tim secara keseluruhan. Apabila ada anggota yang daya Padunya Rendah berarti ia merasa tidak memiliki ikatan dengan tujuan tim yang sudah dipaparkan bersama, namun sebaliknya jika ia mempunyai Daya Padu yang tinggi maka setiap anggota tim memiliki atau merasa Terikat dan berkewajiban menegakkan keberhasilan guna pencapaian tujuan Timnya.

“Bentuklah sebuah Tim work yang mempunya visi misi bersama mensejahterakan anggota dan sekelilingnya”

0 Response to "Tim Kerja adalah"

Post a Comment