Inilah Alir Proses Multimedia Beserta Penjelasannya secara Detail

Alir Proses Multimedia


Hay sobat dumay,, masih dengan artikel dari Admin nih.,, Di sini Admin akan menerangkan tentang air proses multimedia, baiklahh,, enggak usah panjang lebar lagi, langsung aja mari menuju kepokok pembahasan artikel yang sudah Admin ringkas,,, 

Proses Post Production / Purna Produksi Multimedia 

Purna Produksi / Post Production ialah merupakan tahap dari penyelesaian akhir yaitu finishing dari sebuah rangkaian yang terdiri dari: Pengujian versi beta, Mengevaluasi serta melakukan revisi aplikasi & Content berdasarkan hasil pengujian versi beta, Me-release golden master (final product) dari produk Multimedia, dan menyiapkan semua bahan-bahan yang akan dipakai dalam melaksanakan produksi. 

Produk dalam golden masters dipeking kedalam mini DV atau kedalam kepingan VCD atau DVD, dll. Aplikasi-aplikasi ini siap untuk dijual belikan dan dipublikasikan melalui Multimedia Communication yang dapat memungkinkan.
Inilah Alir Proses Multimedia Beserta Penjelasannya secara Detail
Gambar alir proses post production



Proses Post Production secara Sekuensial, meliputi:
  1. Beta testing
  2. Evaluation
  3. Revise software and content
  4. Release Golden Master
  5. Archive all production material 


a. Pengujian Tahap Akhir (Beta Testing)

Beta testing yaitu tahap ujian terakhir dari penyempurnaan software (aplikasi) atau produk Multimedia yang melakukan proses produksi. Produk yang masih belum  berstatus beta berkemungkinan tinggi masih mempunyai kesalahan di dalamnya. Pengujian yang dilaksanakan yaitu antara lain;

  1. Konten
  2. Interaksi yang tidak terduga
  3. Serta memeriksa supaya jangan sampai adanya hambatan (crash) pada produk.


b. Penilaian (Evaluation)

Proses ini ialah tahap untuk melihat kembali atau menilai kembali produk Multimedia yang sudah melewati beta testing, fungsinya untuk mengecek kalau produk tersebut memang sudah benar dan sudah pantas untuk diperjual belikan.

c. Meninjau kembali Perangkat Lunak dan Konten (Revise Software and Content)

Cara ini dilakukan untuk melihat kembali conten yang dipakai dan software (aplikasi)/produk Multimedia yang telah melalui proses evaluasi (evaluation), untuk melakukan pembenahan bila masih ada terdapat kekurangan.

d. Mengeluarkan Produk Pertama (Release Golden Master)

Pada proses ini pengeluaran produk Multimedia yang pertama kali dalam bentuk mini DV atau dalam bentuk VCD atau DVD ataupun dalam bentuk lainnya mengikuti dengan kebutuhan pemasaran. Golden master ini siap untuk dijual belikan.

e. Menyimpan semua bahan Produksi (Archive all production material)

Cara akhir yang dilakukan ialah dengan meng-save semua bahan produksi yang sudah dipakai sebagai catatan jika sewaktu-waktu dapat digunakan lagi, seperti peralatan, file digital utama (master digital files), perangkat lunak yang dipakai, konten yang telah dipakai, semua arsip-arsip yang telah dipakai pada saat memulai produksi.


Demikian tadi pembahasan dari admin, tentang alir proses multimedia sobat. Semoga sobat bisa dengan mudah mempelajarinya dan membacanya dimanapun,, semoga bermanfaat ya sobat…. 


“Persiapkan hari ini untuk keinginan hari esok sobat”

0 Response to "Inilah Alir Proses Multimedia Beserta Penjelasannya secara Detail"

Post a Comment