Inilah Elemen elemen dalam Multimedia Beserta Contohnya (Terbaru)

Elemen-elemen dalam Multimedia di Sistem Informasi

Hay sobat, mungkin hari ini ada yang belum tau tentang Elemen-elemen pada Multimedia di system informasi, nah pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan kepada sobat tentang Elemen-elemennya, serta menurut para Tokoh-tokohnya:

Hofstetter sendiri pada (2001, p16) Menyatakan bahwa Elemen Multimedia terdiri dari lima jenis antara lain:

1.Teks

Teks adalah bagian dari Elemen Multimedia yang menjadi titik dasar dalam menyampaikan informasi, karena Teks sendiri ialah jenis data yang sangat sederhana dan Memerlukan Posisi penyimpanan yang sangat Kecil. Teks juga dapat diartikan sebagai cara yang lebih efektif kepada pengguna dalam mengemukakan ide-ide sehingga lebih mudah dimengerti oleh masyarakat dalam penyampaian informasi.

Teks juga memiliki jenis-jenisnya seperti Printed Text, Scanned Text, dan Hypertext.
  • Printed Text merupakan teks yang diperoleh dari word Processor atau word Editor yang nantinya bisa dicetak dengan cara diketik.
  • Scanned Text ialah Texs yang diperoleh dengan proses Scanning tanpa Pengetikan,
  • Hypertext adalah jenis text yang memberikan sebuah Link dari suatu tempat atau berpindah ketopik tertentu.

2.Grafik (image)

Tau nggak sobat Grafik itu lebih sangat bermanfa’at dalam menyampaikan ilustrasi informasi terutama kata-kata yang tidak dapat dijelaskan. Nah Grafik juga memiliki jenis-jenisnya lho sobat, seperti: Bitmap, Digitized Picture, dan Hyperpictures.
  • Bitmap dapat diartikan sebagai Gambaran yang berkaitan pada titik-titik dengan menggunakan layar monitor kemudian gambar tersebut disimpan dalam bentuk kumpulan pixel.
  • Digitized Picture merupakan gambar dari hasil rekaman video atau juga gambar pada kamera yang dipindahkan kedalam computer kemudian diubah dalam bentuk Bitmap,
  • Hyperpictures pengertian ini sama dengan Hypertext, cuman bedanya dalam bentuk gambar.

3.Audio

Hy sobat tau nggak apa itu audio, Audio adalah media untuk menyampaikan informasi atau pesan yang hanya mengandalkan suara. padaMultimedia tanpa Audio maka tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio ini sobat bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
Audio juga memiliki jenis-jenis dan formatnya lho sobat, seperti:
  • Wave adalah bagian format audio dengan eksitensi WAV yang disimpan dalam bentuk digital
  • MIDI (Musical Instrument Digital Interface)Tau nggak sobat Midi ini dapat menghasilakan rekaman yang lebih efisien dibandingkan Wave, kapasitasnya juga lebih kecil lho sobat, Midi ini disimpan dalam bentuk format MID

4.Video

Pada Multimedia tidak akan lebih efektif jika tanpa Video, karna video merupakan bagian dari Multimedia dan dengan video sangat sulit digambarkan dengan kata-kata atau gambar yang berdiam dan dapat mencerminkan rasa emosi dan psikologi manusia secara jelas dan lebih akurat.

5.Animasi

Apa itu animasi???
Animasi adalah serangkaian gambar bergerak yang dihasilkan dengan frame kelayer,

Para tokoh Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes pada (1997, p1057) mengatakan bahwaAnimasi adalah untuk menciptakan sesuatu yang lebih hidup atau nyata, dan ada juga sebagian orang mengatakan bahwa animasi itu  seperti motion(gerakan), yang lebih jelas animasi itu yang mengandung efek visual dan animasi juga memiliki perubahan posisi dengan tekstur, warna, bentuk, struktur dari sebuah objek, posisi kamera, perubahan pada rendering, pencahayaan, orientasi dan focus.

Apa itu MultiMedia??

Multimedia merupakan penggabungan dalam penggunaan computer menyajikan Suara, Animasi, Video, Gambar, Text, dengan menggunakan alat bantu dari koneksi sehingga pamakai dapat lebih berkarya, berkomunikasi dan berintraksi.

KOMPONEN MULTIMEDIA

Multimedia ini memiliki komponen-komponennya lho, antara lain:
  1. harus memiliki computer untuk mengkordinasi yang sobat lihat, didengar. Dan berintraksi dengan kita
  2. mempunyai Link yang dapat Menghubungkan sobat dengan informasi
  3. memiliki alat navigasi untuk memandu menjelajahi jaringan
Unsur-unsur Pendukung Pada MultiMedia
1. text             3. buny           5. animasi
2. grafik           4. video

Software Animasi dan Grafik 2d

  • Software Grafik 2 vektor, terdiri dari : Corel Draw, Macromedia, Freehand, Adobe Illustrator, Open Draw, dll
  • Software Grafik 2 Raster terdiri dari : Adobe Photoshop, Jast Paint, Shop Pro, Gimp, dll
  • Software Animasi terdiri dari : Macromedia Flash, Adobe Image Ready, dll

Nah sobat, itulah yang telah admin jelaskan kepada sobat tentang Elemen-elemen dalam Multimedia di Sistem Informasi, semoga bisa bermanfa’an yah buat sobat, Terimakasih telah Mengunjungi Situs Admin..

0 Response to "Inilah Elemen elemen dalam Multimedia Beserta Contohnya (Terbaru)"

Post a Comment