Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis

Elemen Garis


Sebelumnya, apakah sobat  sudah tau tentang elemen garis??  Tenang saja sobat,,,, setelah  membaca artikel dari admin ini nih, akan lebih banyak lagi pengetahuan yang sobat dapatkan tentang elemen garis, pastinya sobat enggak bakalan bertanya –tanya lagi tuh  dan enggak bakalan dikatain dengan sebutan kepo,,  karena, admin kali ini tentunya  akan mengulas meteri  ini,,, baiklah, enggak usah nunggu  lama-lama lagi. kita mulai ke pokok pembahasan;

Di dalam dunia fotografi maupun desain, ada enam elemen penting yang harus di kenal dalam menyusun komposisi, dari keenam elemen tersebut diantaranya yaitu: garis (line), bentuk (shape), wujud (form), tekstur (texture), pola (pattern) dan warna (color). Sobat pasti akan mengenal macam –macam elemen tersebut dalam dunia fotografi. 

Nah, langsung  saja admin mulai dengan elemen yang pertama, yaitu: Garis. Admin akan membahas elemen yang lainnya dalam postingan mendatang.

Dari masing-masing keenam elemen tersebut, komposisi foto yang disebutkan diatas diantarananya, Garis ialah elemen terpenting yang harus di pahami, (setidaknya begitu menurut para pakar). Tanpa adanya garis, tidak akan ada bentuk, tanpa adanya bentuk tidak akan ada wujud. Dan tanpa adanya garis serta bentuk, tidak akan ada pola (pattern). Nah bagaimana sobat memanfaatkan penggunaan garis supaya foto sobat sendiri makin terlihat indah dan rapi?? Disini admin akan membahasnya.

Sehari-hari pasti sobat selalu melihat elemen garis dimana-mana, mungkin karena sobat terlalu terbiasa melihatnya,  jadi tidak sadar akan keberadaannya. Horison (garis cakrawala), alur sungai, garis pantai, pematang sawah, jalan, rel kereta api, tangga, gedung, ubin keramik dan lain-lain. 

Garis selalu ada dimana-mana. Pada dasarnya, garis dibagi menjadi 4 jenis kategori, yaitu: horizontal, vertikal, diagonal dan lengkung. Dari masing-masing jenis tersebut, dapat menggantikan pesan dan rasa tertentu dari  segi pandangan mata yang melihatnya dalam bentuk foto. Admin akan mengulas satu persatu macam-macam garis, diantanya;

1. Garis Horizontal

Garis horizontal akan memberi kesan stabilitas, tenang, permanen dan kokoh. Contoh paling jelas dari garis horizontal adalah garis cakrawala yang membagi langit dan daratan atau lautan, garis cakrawala (horizon) di ibaratkan seperti kaki bagi tubuh: agar kuat, kokoh, dan sebagai pondasi. Hindari penggunaan garis horizontal ini tepat pada posisi ditengah-tengah foto sobat, karena itu akan menimbulkan kesan kaku dan mati. Akan nampak lebih bagusnya, carilah garis horizontal ini yang berlapis-lapis. seperti contoh foto dibawah ini:
Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis

2. Garis Vertikal

Garis vertikal bisa dipresentasikan sebagai kesan kekuasaan dan tinggi. (misalnya, gedung bertingkat ), serta pertumbuhan (misalnya, pohon). Hindari peletakkan garis vertikal secara kaku pada tengah-tengah foto sobat, sehingga membagi foto menjadi 2 bagian.
Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis

3. Garis Diagonal

Dibandingkan garis horizontal dengan vertikal, garis diagonal mempunyai sifat yang lebih dinamis. Garis diagonal ini memberi nafas dalam komposisinya, sehingga kesannya lebih hidup. Saat sobat mengeksploitasi garis diagonal secara tepat, dalam foto sobat akan mendapatkan foto yang terkesan sangat menarik dan menyedot jutaan pasang mata yang melihatnya. Gunakan garis diagonal dengan menariknya dari satu sisi ke sisi yang berseberangan.
Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis

4. Garis Kurva ( lengkung )

Dibandingkan jenis garis lain yang terkesan sifatnya formal dan kaku, garis lengkung ini memiliki sifat luwes dan sangat dinamis. Kalau garis diagonal membuat komposisi terkesan lebih hidup, garis lengkung melebihi itu, dia memberi kesan sexy dan elegan dalam komposisi foto. Garis lengkung memberi kesan cenderung lembut, relaks dan bergerak. Garis lengkung juga sangat mendominan di alam, sobat bisa menemukan dalam beragam bentuk macamnya: gunung, lengkung pantai, ujung daun. Bila penasaran dan ingin mencobanya, Temukan garis lengkung disekitar sobat dan foto sobat akan terlihat lebih keren.
Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis


Sekarang sobat sudah mengenal 4 jenis garis dalam elemen komposisi. Saatnya mencari garis di sekitar sobat. Latihlah penglihatan sobat untuk mengenali garis-garis yang sudah admin ulas. Ohh iya, jangan lupa bahwasannya sobat pun juga bisa meng-ikut sertakan/ mencampurkan beragam garis dalam satu foto, misalnya seperti ini:
Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis


Semoga artikel admin ini bermanfaat bagi sobat sekalian, terlebih yang mempunyai hobby fotografi. Nah, selamat mencobanya sobat!

0 Response to "Pengertian Elemen Garis Serta 4 Macam Jenis Garis"

Post a Comment