Inilah 7 Istilah Dalam Multimedia Beserta Penjelasannya

Istilah Dalam Multimedia


Hey sobat, admin kembali nih dengan artikel baru dan yang pasti akan memberikan para sobat pengetahuan yang mendalam dan luas tentunya.

Okey sob, kali ini admin menghadirkan sebuah artikel yang akan membahasan sampai ke akar tentang istilah – istilah yang ada di dalam multimedia, Berikut pembahasannya tentang beberapa istilah dalam multimedia sob.

1. Semeotika

Okey para sobat admin yang setia, admin kasih tau nih ya semeotika menurut wikipedia ialah semiotika atau biasa di sebut juga dengan semiotik dan admin kasih tau ya sob kalau di dalam tradisi saussurean istilahnya yaitu semiologi. Nah simiologi yaitu tentang arti dari sebuah keputusan dan gini nih sob, itu semua termasuk studi tanda – tanda dan juga proses tanda (simiosis), indikasi, penunjukan, kemiripan, analogi, makna, simbolisme, metafora dan juga komunikasi sob. 

Semiotika sangat berhubungan di bidang linguistik, dan yang sebagiannya mendalami struktur dan juga makna bahasa yang lebih spesifik sob. Akan tetapi itu berbeda dengan linguistik ya sob, semiotika juga mendalami sistem – sistem tanda yang nin-linguistik. Nah sob, di sini semiotika ada tiga macam nih yaitu ada keterkaitan antara tanda dan tanda memakai agen (pragmatik), dan yang kedua adalah keterkaitan antara tanda dengan hal – hal yang mereka lihat denota mereka ataupun makna (semantik), dan yang ke tiga ialah keterkaitan antara tanda dengan struktur formal (sintaksis).

semiotika biasa di lihat mempunyai dimensi antropologs yang penting seperti salah satu tokoh Umberto Eco mengusulkan bahwa di setiap fenomena budaya bisa di dalami sebagai komunikasi. Akan tetapi ada sebagian tokoh ahli semiotik yang lebih fokus ke dimensi logis dari ilmu pengetahuan. 

Para ahli itu pun mengetes area untuk ilmu kehidupan contohnya seperti bagaimana membuat perkiraan tentang organisme, dan juga beradabtasi, semiotik relung mereka di dunia (lihat semiosis). Kebanyakan teori – teori semiotik menggunakan tanda ataupun sistem tanda sebagai objek belajar mereka. Termasuk zoosemiotik atau komunikasi informasi dalam organisme hidup tercangkup dalam biosmiotik.

2. Camera Angel

Apa itu kamera angel?? Okey sob admin jelasin ya apa itu yang di maksud kamera angel. Kamera angel ialah kamera yang sudut penempatan di saat pengambilan gambar ataupun objek supaya para penonton yang menonton bisa paham dan mengerti dengan alur cerita yang terkandung di dalam sebuah film ataupun di dalam sebuah sinetron.

3. Storyboard

Storyboard ialah sebuah papan cerita atau alternative yang di gunakan untuk mensketsakan kalimat full sebagai alat perencanaan. Storyboard ini menyatukan alat bantu narasi dan juga visual di selembar kertas makanya naskah visual dapat terkoordinasi.

4. Anakronisme

Istilah yang seperti apa ini?? Nah sob, di dalam kamus besar bahasa indonesia ada beberapa arti seperti hal yang tidak pas dengan era tertentu, dan ang kedua letak tokoh, kejadian pada saat percakapan serta unsur yang tidak pas berdasarkan waktu yang tercantum dalam karya sastra contohnya dalam kalimat Hang Tuah melihat arloji titusnya ,kemudian menyalakan pesawat televisinya. Tidak pas bukan?!

5. Treadment

Treadment ialah pengembangan cerita dari sebuah synopsis yang di dalamnya mengandung plot secara rinci serta padatt. Treadment dapat di artikan sebagai karangan scenario yang fungsinya untuk menciptakan sebuah sketsa dari penataan konstruksi yang dramatic.

6. Sutradara

Okey sob, berdasarkan pencetusan Wikipedia sutradara  ataupun pembuat film ialah seseorang yang mempunyai tugas untuk mengarahkan dan bertanggung jawab atas sebuah film berdasarkan manuskrip. Pembuatan film juga di pakai untuk merujuk pada produser film, di sini manuskrip scenario di pakai untuk mengontrol aspek – aspek seni dan juga drama. Di saat yang sama sutradara membimbing petugas ataupun pekerja teknik serta pemain agar bisa memahami dan menela’ah pengarahannya. Nah di sini seorang sutradara juga berperan penting dalam mengarahkan crew serta para artis film dalam merealisasikan kreativitas yang di milikinya.

7. Sinopsis

Amin jelasin secara terperinci ya sob apa itu sinopsis, synopsis ialah ikhtisar karangan ilmiah yang biasanya di munculkan bersama karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu. Secara intinya synopsis adalah abstraksi, ringkasan ataupun ikhtisar karangan.

8. Product line

Berdasarkan bahasa ekonomi product line ialah sekumpulan produk dalam kelas produk yang sangat berkaitan untuk pengertian lebih lanjut lagi sob. Nah sob admin sudah menyiapkan sebuah gambar dari product line untuk para sobat liat nih.


okey sob, itu tadi penjabaran dari admin untuk para sobat yang ingin tau tentang istilah yang ada dalam multimedia. Admin harap artikel kali ini bermanfaat untuk sobat admin yang setia dan yang pasti memiliki rasa ingin tau yang tinggi. 

Sampai di sini dulu ya sob materi tentang istilah dalam multimedia tapi tenang aja admin akan menghadirkan artikel – artikel selanjutnya dengan topic pembahasan yang lebih cetar membahana tentunya. Okey, see you again sob…. Bye..

0 Response to "Inilah 7 Istilah Dalam Multimedia Beserta Penjelasannya"

Post a Comment