Kelebihan Dan Kekurangan Bitmap Dan Vektor

Kelebihan Dan Kekurangan Bitmap Dan Vektor
Selamat malam sahabat dan selamat beristirahat yaaa dari segala aktivitas, tetapi kayaknya tidak dengan admin nichhh hehehehe    … 
yahhhh gimana lagi admin kan pengen selalu ngepost Ilmu-ilmu kepada para sahabat,… untuk kali ini syukur Alhamdulillah allah telah memberikan kesempatan kepada kami buat ngepost artikel yang pasti berguna bagi kita semua, yaitu  tentang seputar kelebihan dan kekurangan bitmap dan vector.

Seperti yang kita ketahui ya,. Bahwa yang namanya gambar digital secara umum itu terbagi menjadi 2 jenis, yaitu gambar yang berbasis Bitmap dan gambar yang berbasis Vektor. 

Yang mana didalam masing-masing Bentuk Gambar tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan;..
Gambar berbasis Bitmap memang, ia lebih bersifat natural, tetapi bila diperbesar kualitas dari gambar bitmap itu sendiri akan terlihat pecah-pecah dikarenakan ia terdiri dari titik-titik atau pixel,. lain halnya dengan gambar yang Berbasis vector, pada gambar ini kebalikan dari gambar Bitmap bila diperbesar ia akan tetap dalam keadaan gambar yang brkualitas. Gambarnya bila diperbesar tidak akan pecah-pecah, karena pada gambar ini terbentuk dari gabungan-gabungan garis, kurva dan bidang.

Untuk mempercepat pekerjaaan langsung saja sahabat, simak nihhh dibawah ini penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Gambar Jenis Vektor dan Bitmap.;:

1.Kelebihan-kelebihan gambar jenis bitmap diantaranya:

  • Gambar bitmap lebih bersifat natural dan warna yang dihasilkan lebih terlihat indah.
  • Gambar yang dihasilkan akan lebih sesuai dengan tampilan layar monitor, dan dalam penerapannya akan lebih cepat, dikarenakan gambar yang dihasilkan oleh Gambar Bitmap dapat di kirim langsung dari file kelayar monitor.


2.Kekurangan-kekurangan Gambar jenis Bitmap:

Tidak afdol rasanya kalau kita sudah mengetahui kelebiahan-kelbihan dari gambar Bitmap tetapi tidak mengetahui kekurangannya. 
  • Jika diperbesar kualitas gambar Bitmap akan menurun, sehingga gambar tersebut akan terlihat pecah-pecah. 
  • Selain itu Ukuran gambarnya relatif besar. Sehingga perlu sahabat tahup pada gambar bitmap ini kurang tepat untuk produksi gambar seperti  pembuatan poster, spanduk dll.


3. Kelebihan-kelebihan gambar jenis Vektor:

Setelah admin membahas kelebihan dan kekurangan Gambar bitmap, saatnya sekarang admin bahas tentang gambar vector . yang tujuannya supaya sahabat bisa dapat lebih memilih sendiri mau pakai gambar bitmap atau gambar vector.

  1. Gambar vector walau diperbesar seperti apapun, ia akan Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya.
  2. Memiliki ukuran file yang kecil, ini kebalikan dari Gambar bitmap, bahwa pada gambar vector sangat cocok dalam pembuatan spanduk ataupun poster.
  3. Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai.
  4. Warna-warna yang dimiliki gambar vector cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.


4. Kekurangan gambar dari vector 

Menurut admin Cuma 1 yaaa, yaitu hanya kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural. Dalam hal ini Gambar Bitmaplah yang lebih unggul.

Artikel yang admin buat ini tujuannya supaya para sahabat tahu,. Apa sichhh perbedaannya kalau kita membuat desain dengan menggunakan Gambar yang berbasis Bitmap ataupun Gambar yang Berbasis Vektor. 
Dan dari perbedaan itu kitakan bisa tahu Gambar yang berbasis mana yang lebih tepat untuk Projek yang akan para sahabat buat nantinya, misalkan sahabat ingin membuat spanduk,. Kalo admin boleh anjurkan, pakailah gambar yang berbasis vector dalam membuat spanduk itu, karna apa,? Karena ukuran yang dihasilkan oleh gambar yang berbasis vector itu sendiri lebih kecil. Dibandingkan gambar yang berbasis vector.,

Sekian dari admin semoga artikel ini bermanfaat,.

2 Responses to "Kelebihan Dan Kekurangan Bitmap Dan Vektor"