Inilah Pengertian dari Etimologi beserta Contohnya

Maksud Etimologi


Pada postingan artikel kali ini admin mau menjelaskan tentang maksud dari etimologi nih sob.. Sobat dumay sendiri tahu gak apa itu yang di maksud dengan Etimologi..??? Kalau belum tau, baca artikel ini sampai selesai ya sob.. Nah, langsung ke intinya aja dech.. 

Ilmu yang mempelajari asal usul kata itulah yang dimaksud dengan etimologi. Setiap kata itu memiliki asal usul dan sejarah. Gak mungkin kan tiba-tiba ada sebuah kata tanpa adanya asal-usul dari kata tersebut… kita sebagai manusia aja ada asal–usulnya,, hehehe... 

Akan semakin mudah bagi kita untuk memahami sebuah kata dengan mempelajari asal usul kata tersebut. Karena penggunaan kata yang struktur katanya berbeda akan berpengaruh pada makna, arti, atau maksud bagi orang yang mengucapkan kata tersebut  dan orang yang mendengarnya. Kesalah pahaman sering sekali terjadi dikarenakan maksud pembicara yang tidak sampai pada pendengar, dan tentunya kesalah pahaman tersebut akan mengacu pada timbulnya perselisihan.

Didalam KBBI [Kamus Besar Bahasa Indonesia], Pengertian Etimologi ialah asal usul kata, ilmu yang berkaitan dengan asal usul kata, atau penjelasan tentang asal usul kata. Kata etymologie berasal dari bahasa Yunani, yaitu étymos yang berarti sebuah kata dan lògos yang berarti ilmu. Apabila kedua kata tersebut disatukan maka akan menjadi ilmu tentang kata.

Setiap kata memiliki akar atau asal-usul. Mencari asal usul suatu kata adalah ruang lingkup etymologi. Di dunia ini, setiap kata saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Sehingga timbul lah kata asli dan kata serapan. 

Contoh Etimologi Kata


Kata ‘Mesa’ dalam bahasa jawa ternyata berasal dari kata mahisa dalam bahasa India,
Kata ‘Petuah’, jika di telusuri asal – usulnya berasal dari kata fatwa yang berasal dari bahasa Arab, dan sebagainya.

Naah, itulah sedikit share pengetahuan yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini.. Semoga dapat bermanfaat.. 

0 Response to "Inilah Pengertian dari Etimologi beserta Contohnya"

Post a Comment