Inilah Caranya Bagaimana Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Meningkatkan Kualiatas Pembelajaran


Bingung,, gimana caranya meningkatkan kualitas pembelajaran?? Biasanya yang bingung memikirkan hal ini adalah para guru atau para pendidik, atau bahkan para orang tua yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran pada anaknya. Tapi tenang aja sob,, karena pada edisi artikel kali ini admin akan berbagi tentang bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran.. 

Perbaikan kualitas pelatihan ditujukan pada peningkatan kualitas proses pembelajaran, pengadaan buku bacaan atau buku referensi dan buku paket (modul), serta alat-alat pembelajaran. 

Peningkatan kualitas proses pembelajaran dilakukan dengan cara in-service training tenaga pendidik / para guru yang tujuannya ialah untuk meningkatkan penguasaan landasan kependidikan, metode dan strategi pembelajaran, pembuatan dan penggunaan alat pembelajaran, materi pembelajaran (subject matter),  serta evaluasi pembelajaran.

Seorang tenaga pendidik atau guru sangat berperan penting dan strategis dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran sebagai suatu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik yang berkaitan langsung dengan kegiatan tenaga pendidik itu sendiri, baik diluar ataupun didalam kelas. 

Sebagai suatu sistem kegiatan, pendidik dan peserta didik  selalu terlibat dalam proses pembelajaran. Keterlibatan tenaga pendidik tersebut mulai dari memilih dan mengurutkan materi pembelajaran, menerapkan dan menggunakan metode pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, pembimbingan belajar, sampai pada kegiatan pengevaluasian hasil belajar.

Berkaitan dengan peran tersebut, suatu proses pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila dilakukakan oleh pendidik yang mempunyai kualitas kompetensi akademik dan profesional yang tinggi atau memadai. 

Oleh sebab itu, peningkatan mutu pelatihan diusahakan melalui pengutamaan peningkatan mutu pendidik tersebut. Secanggih dan selengkap apa pun peralatan dan fasilitas pendidikan, tidak akan mempunyai arti yang signifikan terhadap peningkatan mutu pelatihan tanpa didukung dengan mutu dari tenaga pendidik (guru) yang baik.

Nah, jadi dapat disimpulkan sob, bahwa kualitas pembelajaran pada peserta didik itu dapat ditingkatkan dengan adanya tenaga pendidik yang baik, yaitu tenaga didik yang memiliki kualitas kompetensi akademik dan professional yang tinggi atau memadai. Karena tanpa adanya karakter tenaga pendidik yang berkualitas, dapat menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran… Semoga bermanfaat ya sob..

0 Response to "Inilah Caranya Bagaimana Meningkatkan Kualitas Pembelajaran"

Post a Comment