Pengertian Animasi dan Sejarah Singkat Perkembangan Animasinya

Hay sobat dumay, apa kabarnya nih,,??? Semoga baik-baik aja ya… Oya, di edisi artikel kali ini admin akan menjelaskan tentang pengertian kunci animasi… Sebelumnya, sobat dumay ada yang tahu gak apa sih yang dimaksud dengan animasi itu?? Biar lebih jelas, simak penjelasan berikut ya..

Pengertian Animasi

Definisi dari animasi ialah teknik menampilkan serangkaian gambar yang bergerak dengan cepat secara continue dan berurutan sehingga orang yang melihat animasi tersebut merasakan adanya motion  atau ilusi gerakan  pada gambar yang ditampilkan. 

Secara garis besar motion adalah perubahan yang dimengerti secara visual oleh penglihatan penonton sehingga perubahan yang terjadi tidak harus perubahan posisi sebagai maksud dari istilah 'gerakan'. Dapat dikatakan sebuah animasi walaupun hanya terjadi perubahan warna saja.

Sejarah Singkat Perkembangan Animasi

Sebenarnya kata animasi berasal dari kata animation yang di dalam kamus Indonesia berasal dari kata dasar to anime, dalam bahasa inggris artinya menghidupkan. Secara garis besar, animasi adalah suatu kegiatan yang menghidupkan dan menggerakkan benda tidak hidup. Suatu benda tidak hidup atau biasa disebut dengan benda mati diberi kekuatan, semangat, dorongan dan emosi agar berkesan hidup atau menjadi hidup hanya. 

Sebenarnya, sejak dahulu kala, orang-orang sebelum kita sudah mencoba meng¬animasi gerak gambar binatang-nya, seperti yang ditemukan di gua Lascaux Spanyol Utara oleh para ahli purbakala, yang sudah dua ratus ribu tahun lebih usianya. Mereka berusaha untuk menangkap gerak cepat lari binatang, seperti bison, kuda atau celeng digambarkannya dalam posisi yang bertumpuk dan berbeda dengan delapan kaki (Hallas and Manvell 1973). 

Pada masa Heian(794-1192) dibuat lukisan Jepang kuno yang menggambarkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan lukisan, (ensiklopedi Americana volume 19, 1976). Sebagai dekorasi dinding, sekitar pada tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958), orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul. Lalu sekitar abad ke 19, di Eropa muncul mainan yang disebut Thaumatrope, seperti lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kanan dan kirinya diikat seutas tali, dan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak jika dipilin dengan tangan (Laybourne 1978).

Nah, sekian yang dapat admin jelaskan… Semoga dapat bermanfaat…

0 Response to "Pengertian Animasi dan Sejarah Singkat Perkembangan Animasinya"

Post a Comment