Pengertian Multimedia Secara Etimologi Menurut Beberapa Para Ahli

Pengertian Multimedia Secara Etimologi


Hey sobat , ketemu lagi nichhh dengan kami. Admin yang gak akan pernah puas buat ngasih informasi kepada sobat semua, Informasi yang akan admin berikan kali ini adalah seputar mengenai Pengertian Multimedia secara Etimologis yang dalam penjabarannya sudah admin ringkas sehingga jelas untuk sobat baca. yuk Silahkan disimak sob !!!.

Asal sobat tahu istilah sebuah multimedia itu pertama kali di kenal pada dunia teater, yang membuat sebuah pertunjukan pagelaran dengan memakai sebuah Gerakan, Musik, dan ditambah sebuah video guna untuk membuat suasana yang lebih dramatis didalam pertunjukan itu sendiri.

Dengan perkembangan zaman istilah multimedia sendiri sudah banyak pengertian, sekarang itu sob yang namanya Multimedia itu dikenal dengan perpaduan antara hasil sebuah Objek Gambar, Tulisan, Audio/Suara, dan Animasi sehinggga menjadi suatu kesatuan  yang dapat dinikmati secara visual. Tidak hanya itu sob pada umumnya sekarang ini kebanyakan orang mengenal sebuah Multimedia itu karena sebagai system dari sebuah PC.
Berikut adalah Pengertian-Pengertian Multimedia Menurut Tokoh-tokoh Dunia:

1. Menurut Robert Webking 

Multimedia secara Eimologis itu dapat diartikan sebagai, “multi“ yang berarti banyak dan “medium” yang berarti sebuah perantara media. Jikalau ditinjau dari bidang informasi Multi dan Media itu mempunyai istilah yaitu sebagai:

  • Persekutuan media (sumber dan pemasukan sebuah informasi)
  • Persekutuan alat (dengan mana informasi itu disimpan, ditransmisikan, dipresentasikan dan diterima).  (webking.2001: www.alltheweb.com)

2. Menurut Munter (1982) 

Beliau menyatakan  bahwa , “Sebuah alat bantu Media itu dapat memberikan bantuan yang besar dalam meningkatkan minat, variasi, dampak dan kemampuan/keahlian untuk mengingat lebih lama dibandingkan dengan sebuah kata-kata”.

Munter menjabarkan bahwa seseorang yang paling banyak belajar itu menyimpan memori dari observasi paling sedikit 85% sedangkan data yang berhasil diterima dan disimpan itu berasal dari sebuah penglihatan serta suara yag melebihi batas dari normal.

Dan penelitian lain menyatakan bahwa alat bantu yang disebut Audio Visual itu dapat meningkatkan pamahaman sobat sampai dengan 200% dalam sebuah pengajaran, sedangkan alat bantu Visual hanya dapat meningkatkan daya ingat sobat itu hanya kurang lebih 14-38%, dan itu dapat menguragi waktu sobat yang diperlukan sekitar 40% guna untuk menjelaskan sebuah konsep dalam kegiatan promosi.

Harus sobat tahu bahwa sebuah Alat Bantu Multimedia yang relavan dan dipilih dengan baik itu adalah yang menarik sebuah perhatian sesorang melalui kualitas kerja yang super bagus dengan warna yang indah, bentuk yang indah dan audio yang indah pula, semua itu tidak bisa dipungkiri sesuatu yang dihasilkan  akan mendapatkan sebuah perhatian dari orang-orang yang perlihatkan.

Sebuah perhatian penuh dari seseorang dapat dihasilkan hanya dalam waktu beberapa detik saja, sebuah alat multimedia itu bisa dipakai secara efektif guna untuk mengarahkan perhatian seseorang melalui stimulasi visual dan stimulasi oral. Kedua stimulasi tersebut akan memberikan sebuah kesadaran yang tinggi, intesitas, ukuran yang besar, pengulangan, durasi dan warna yang cerah kepada para penyimak. 

Selain istilah stimulasi-stimulasi diatas, ada juga istilah psikofisik yang mengacu kepada sebuah interaksi pada proses psokologis dan stimulasi fisik merupakan penggabungan dari factor-faktor itu dalam sebuah bentuk alat bantu multimedia yang akan sangat berguna untuk mempertahankan sebuah perhatian dari seseorang. 

Sebuah alat bantu multimedia, asal sobat tahu itu tidak hanya bermanfaat dalam kegiatan pengenalan sebuah produk saja loh, dia sangat berguna juga untuk kegiatan belajar mengajar, yang mana kegiatan belajar mengajar itu sendiri merupakan sesuatu yang harus diperhatikan oleh suatu Negara dalam menambah SDM (sumber daya manusia). Karena yang sperti sobat ketahui sebuah Negara itu akan maju apabila sumber daya manusia dari sebuah Negara itu juga ikut maju/ atau meningkat. 

Dari penjelasan diatas bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa dengan adanya multimedia system belajar mengajar diIndonesia ini akan bersifat efektif dan efesien sehingga menciptakan sebuah pembelajaran yang interaktif, Jadi maka dari itu mari sobat kita hidupkanlah multimedia. Kita gunakan alat bantu multimedia guna untuk lebih mencerdaskan otak kita., semangat!!!  semoga sukses dan cukup sekian informasi yang dapat admin berikan, terima kasih…

0 Response to "Pengertian Multimedia Secara Etimologi Menurut Beberapa Para Ahli"

Post a Comment