6 Unsur Komunikasi Grafis Serta Perbedaan Warna

Unsur-unsur Komunikasi Grafis


Untuk artikel kali ini admin akan membahas tentang unsur-unsur komunikasi grafis. Sobat dumay tahu gak, apa aja sih unsur-unsur desain grafis itu??? Di dalam desain grafis ada beberapa unsur penting yang mempunyai fungsi atau ciri khas tersendiri, baik untuk mengedit suatu gambar atau membuat gambar. Disini admin akan menjelaskan secara singkat dari setiap unsur yang ada dalam desain grafis.

a. Line atau Garis 

Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Karena sebuah garis merupakan unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga dapat berbentuk gambar garis lurus (straight) atau garis lengkung (curve). 

b. Shape atau Bentuk

Shape atau bentuk ialah segala hal yang mempunyai diameter bentuk dan tinggi. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah segitiga (triangle), lingkaran (circle), kotak (rectangle) dan polygon.

c. Texture atau Tekstur 

Tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang bisa dinilai dengan cara diraba atau dilihat disebut dengan tekstur. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, contonya permukaan baju, kulit kayu, karpet dan lain sebagainya.

d. Space atau Ruang 

Jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain bisa dijadikan unsur untuk memberi efek keindahan pada desain disebut dengan ruang. Sebagai contoh, tanpa ruang sobat tidak akan tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Tanpa ruang sobat tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Dalam bentuk fisiknya pengelompokkan ruang dibedakan menjadi dua unsur, yaitu figure (obyek) dan background (latar belakang).

e. Size atau Ukuran 

Unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek adalah ukuran. Unsur ini digunakan untuk memperlihatkan objek manakah yang kita akan tonjolkan atau yang akan dipublish. Karena dengan memakai unsur ini sobat bisa membuat kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain sobat sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

f. Color atau Warna

Unsur penting dalam obyek desain adalah warna. Dalam perwarnaan sebaiknya disesuaikan dengan desain yang akan kita buat. Karena dengan warna orang bisa menyampaikan pesan, menampilkan identitas atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. 

Dalam Prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color) yang biasanya dipakai dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti logam, kertas, kain atau plastik dan warna yang dihasilkan karena sinar (Additive color) yang biasanya dipakai pada warna lampu, TV, monitor dan sebagainya.

Sekian dulu ya, penjelasan mengenai Unsur-unsur Kominikasi Grafis, semoga dapat bermanfaat..

0 Response to "6 Unsur Komunikasi Grafis Serta Perbedaan Warna"

Post a Comment