Definisi Interaktif Menurut Para Ahli

Hay !!! apa kabar sob.Semoga sobat semua baik ya. Kali ini admin akan memberitahu kepada sobat semua tentang definisi interaktif,mulai dari pengertian ,contohnya dan banyak lagi lah sob , Oke langsung saja kita ke pembahasannya.

Pengertian Interaktif Menurut Para ahli :

I
Definisi Interaktif Menurut Para Ahli
nteraktif merupakan suatu  hal saling  melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi, antar hubungan. Interaksi ini bisa  terjadi karena terdapat hubungan sebab akibat, maksudnya ialah terdapat aksi dan reĆ”ksi. Pengertian interaktif adalah komunikasi dua arah yang terkait atau suatu peristiwa yang  sifatnya saling melakukan aksi, saling berhubungan danmempunyai hubungan yang saling  timbal balik antara satu dengan laiinnya. (Warsita:2008).

Menurut istilah komputer, interaktif ini merupakan dialog antara komputer dengankomputer atau antara komputer  dengan terminal.# Sesuatu yang interaktif melibatkan dua pihak atau lebih yang aktif di dalamnya. Dalam dialog interaktif di televisi misalnya. Pengertlan dialog interaktif adalah kita sebagai pemirsa tidak sekedar menonton dan mendengarkan topik yang sedang dibahas dan diperbincangkan oleh pembawa acara dan nara sumbernya, tetapi bisa ikut aktif bertanya dan berkomentar. Hal mi tentu menyenangkan karena setiap orang memiiki pendapat yang ingin diungkapkan dan ingin didengar oleh orang lain. Kebutuhan akan interaksi ini Dalam dunia pendidikan, proses belajar mengajar yang interaktif tentu lebih menyenangkan dibandingkan bila hanya mendengar dan mencatat penjelasan guru. 

Pengertian Pembelajaran Interaktlf

adalah mengajak siswa untuk melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan keterampilan sekaligus, salah satunya adalah sambil menulis. Dengan proses belajar interaktif, siswa dirangsang untuk bertanya, menjawab dan mengemukakan pendapatnya dan disaat yang sama mengeijakan tugas yang diberikan oleh guru, baik itu tugas perseorangan maupun kelompok. Sistem belajar mi juga tidak menekankan pada hasil melainkan pada proses. Sehingga siswa memperoleh pengetahuan bukan dengan cara menghafal. tetapi dengan cara mengalami.

Dewasa mi sistem pembelajaran interaktif bisa tanpa melibatkan seorang guru. Bagaimana bisa ? Vaitu dengan menggunakan teknologi multimedia pembelajaran yang interaktif.
Pengertlan multimedia Interaktif adalah media yang memberikan pembelajaran interaktif dalam bentuk D, suara, grafik, video, animasi dan menciptakan interaksi. 

(Cheng:2009) Pembelajaran interaktif pada umumnya menggunakan komputer dan seperangkat alatpendukungnya seperti keyboard, mouse, CD atau VCD dan DVI) serta aplikasi lainnya. Sistem mi biasa disebut e-Learning.

Komputer diibaratkan seorang guru. Jika dalam model pembelajaran interaktif di kelas siswa menggunakan indera dengar, penglihatan dan suaranya, dalam e-Learning siswa menggunakan indera sentuhnya sebagai aksi dalam pembelajaran. Dengan tetap melibatkan indera dengar dan penglihatan, tentunya. Contoh sederhana interaksi antara manusia dan komputer bisa dilihat pada permainan game.

Kesimpulannya, 
Proses Interaktif bisa terjadi antara manusia dengan manusia dan juga bisa terjadi antara manusia dan media yang telah didesain sedetnikian rupa untuk keperluan tersebut.”

0 Response to "Definisi Interaktif Menurut Para Ahli"

Post a Comment