Definisi Multimedia Serta Manfaat Multimedia Dalam Dunia Industri

Definisi Multimedia Secara Umum

Multimedia ialah pemakaian komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, gambar, suara dan video menggunakan alat bantu (tool) dan koneksi/jaringan (link), sehingga sobat dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering dipakai dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga di pakai oleh dunia game.

Definisi Multimedia Secara Umum
Multimedia juga berfungsi dalam dunia pendidikan maupun bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia pakai sebagai media pembelajaran, baik dalam kelas maupun secara tersendiri. Di dunia bisnis, multimedia dipakai sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai sarana dan prasarana kios informasi dan pelatihan dalam system e-learning.

Pada mulanya multimedia hanya mencakup sarana yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi (gambar bergerak), dan konsumsi indra pendengaran (suara). seiring perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai dimasukkan unsur kinetik sejak dikembangkan pada pertunjukan film 3D yang dipadu padankan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3D membangkitkan sensasi realistis.

Bau telah menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukannya teknologi reproduksi bau yang melalui Telekomunikasi. Dengan perangkat masukan (input) pendeteksi bau, operator bisa mengirimkan hasil digitizing bau tersebut lewat internet. Komputer penerima harus memiliki perangkat pengeluaran (output) berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau tersebut menambahkan berbagai jenis bahan bau yang dicampur akan menghasilkan pengeluaran (output) yaitu bau yang mirip dengan data yang telah dikirim dari internet. Dengan menganalogikan sebuah printer, alat tersebut menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Pengeluaran (Output) bukan merupakan cetakan tetapi aroma.

Multimedia biasanya direkam, diputar, ditampilkan atau dijangkau oleh perangkat pengola informasi konten, seperti halnya komputerisasi dan perangkat elektronik, tetapi bisa menjadi bagian dari live performance. Multimedia berupa (konvergensi teks, gambar, video, dan suara ke dalam bentuk tunggal). Kekuatan pada multimedia dan internet terdapat pada cara di mana informasi berhubungan.

Multimedia menciptakan situs yang menarik dan inovatif dalam fungsi desain didalam hal tujuannya, mudah dinavigasi, sering diperbarui (upgrade) dan cepat untuk mendownload. Home page dari setiap produksi multimedia harus selalu terarah, juga dapat diakses/dijanngakau dari manapun di bagian multimedia.

Multimedia saat ini dipakai secara menyeluruh dalam bermacam-macam bidang karena kecepatannya dan fleksibilitasnya. 
Contohnya ialah di bidang kedokteran, seorang dokter dilatih dengan melihat operasi virtual dan dapat mengetahui bagaimana tubuh manusia dipengaruhi oleh virus dan bakteri membantu mereka untuk mengembangkan teknik yang lain untuk mencegahnya.

Multimedia ini juga dapat membantu dari sektor industri dengan menyediakan sarana informasi kepada pemilik saham, bos dan para pekerja. 
Multimedia juga membantu dalam hal memberikan pengarahan untuk iklan, karyawan dan memasarkan produk di seluruh dunia melalui berbatas teknologi berbasis web.

Insinyur perangkat lunak ini juga memakai multimedia di komputer untuk memperoleh hiburan, pelatihan militer atau industri. Multimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering dilakukan sebagai perpaduan antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.

Dalam bidang pendidikan, multimedia ialah peran yang sangat penting, seperti halnya menciptakan program pelatihan berbasis komputer. Multimedia diartikan sebagai teknologi yang terpisah seperti fitur/tampilan telepon, Aplikasi data produktivitas dan video yang  sumber daya, berkomunikasi satu sama lain dan juga menciptakan konvergensi media yang cepat berubah pada kurikulum di universitas di seluruh dunia.

Hiburan dan seni rupa itu juga dibantu oleh multimedia, membantu dalam halnya hiburan untuk menciptakan efek khusus dalam film dan animasi (gambar bergerak). Permainan multimedia itu sendiri ialah hobi terpopuler dan program perangkat lunak yang sudah ada baik sebagai CD-ROM atau online. Video game untuk kalangan anak-anak dan remaja itu juga memakai fitur multimedia yang memberikan efek 3 Dimensi dan membuat gambar dapat hidup. 

Dalam seni ada Artis multimedia yang memakai multimedia yang efisien untuk menperoleh efek yang berbeda dan teknik. Pendekatan lainnya membuat tampilan tradisional seni rupa yang dengan mudah dilihat di galeri seni. Merekam materi digital mungkin hanya akan tahan lama dengan salinan sempurna setiap waktu.

Sudah banyak dari media-media lama dan baru elektronik yang dipakai oleh seniman komersial multimedia. Bisnis ke bisnis dan komunikasi antar kantor sering dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan jasa kreatif untuk presentasi multimedia modern melebihi slide sederhana menunjukkan untuk menjual ide atau pelatihan. Pengembang multimedia komersial bisa disewa untuk desain, untuk jasa pemerintah dan nirlaba layanan aplikasi sebagai uang.

Industri kreatif memakai multimedia untuk macam-macam tujuan mulai dari seni, untuk hiburan, seni komersial, untuk jurnalisme, media dan layanan perangkat lunak yang ada untuk setiap industri. Seorang kelompok bisa mengatur karirnya sebagai perancang multimedia dan dapat membuktikan keterampilan teknisnya untuk melakukan analisis untuk kreatif.

0 Response to "Definisi Multimedia Serta Manfaat Multimedia Dalam Dunia Industri"

Post a Comment