Fungsi dari Clapperboard dan Bagian-bagiannya

Fungsi ClapperBoard


Hay sobat setia, mungkin sobat ada yang sudah pernah melihat Orang yang sedang melakukan syuting film, nah disitu ada Crew yang bertugas sebagai memegang papan yang berwarna hitam dan akan dibunyikan ketika sutradara mengatakan (Action) pada proses penyutingan, papan itu disebut ClapperBoard. 

Nah mungkin hari ini sobat nggak tau ya apa saja fungsi dan bagian-bagian pada ClapperBoard, Eitss tenang saja sobat admin akan menjelaskan kepada sobat fungsi dari ClapperBoard.
Fungsi ClapperBoard

Fungsi dari Clapperboard dan Bagian-bagiannya
Contoh Visual Clapperboard
ClapperBoard Merupakan sebuah alat dalam membantu proses sinkronasi gambar dan suara selama proses produksi ClapperBoard juga digunakan untuk memilih dan menandai pada adegan, dengan suara dari ClapperBoard dapat memudahkan dalam membuat gambar bisa diidentifikasi oleh jalur audio. Pada pita yang sama, Gambar dan Suara akan menjadi selaras pada sa’at direkam menggunakan kamera video perekam. 

Akan tetapi pada sa’at pembuatan film direkam dengan terpisahnya antara gambar-gambar dengan suara. Pada film gambar direkam menggunakan kamera, sedangkan Suara direkam dengan kedalam menggunakan tape perekam analog digital yang berpisahan, nah disa’at seperti inilah ClapperBoard dibutuhkan karena memiliki 2 bagian sa’at merekam pada Gambar dan Suara

ClapperBoard ialah sebuah cara tradisional dalam mengatasi suatu proses Sinkronasi dan Penyelarasan, pada ClapperBoard terdapat papan di bagian bawah yang digunakan sebagai menulis angka dalam adegan. Pembuatan film atau pengambilan gambar menggunakan ClapperBoard ini sangat membantu dalam proses Editing, Kamera dapat melihat serta membaca adegan karena ClapperBoard ditempatkan didepan kamera 

Ok sobat itulah  Fungsi-fungsi dari ClapperBoard, dan selanjutnya Admin akan memberitahu kepada sobat Bagian-bagian dari ClapperBoard ini.

Bagian-bagian Claper Board


  1. Scene : Nomor dalam Adegan
  2. Take : Menunjukan berapa jumlah take yang digunakan
  3. Sound : menunjukan Adegan menggunakan Sound atau tidak
  4. Prod         : Judul Film
  5. Dir         : Nama Sutradara
  6. Date         : Tanggal atau waktu syuting
  7. Camera : Nama penata Camera
  8. Int dan Ext: Adegan dilakukan di dalam atau di luar


ClaperBoard diatas ialah tidak umum, ada pula ClapperBoard yang lebih umum dengan menggunakan format yang berbeda, yang lebih umum pada clapperboard Judul diletakan dibagian paling atas, dan dibawah judul untuk film terdapat 3 kotak besar yang berisi Scene, Shot dan Take, kemudian ada 4 kotak tambahan roll di kiri yang berisi bagian prod, sutradara, cameramen dan tanggal, ada penjelasan tempat dan waktu biasanya di sudt kanan bawah yang berisi int/ext dan day/night.

Nah sobat nggak terasa yah sudah selesai admin menjelaskannya fungsi clipperBoard, meski kelihatannya sepele, tapi ternyata ClipperBoard berperan sangat penting dalam proses pengambilan gambar,  dengan adanya clipperboard akan memudahkan dalam proses editing, oh ia sobat jangan lupa yah sering2 kunjung ke situs kami, semoga bermanfa’at yah, TerimaKasih.

1 Response to "Fungsi dari Clapperboard dan Bagian-bagiannya"

  1. Wow i can say this is another awesome article not surprisingly of this blog.Bookmarked this website.. Buy Clapper Boards

    ReplyDelete