Pengertian Multimedia Beserta Ciri-cirinya

Maksud Multimedia


Pada edisi artikel kali ini admin akan membahas mengenai maksud dari kata multimedia.. Mungkin kebanyakan diantara kita sudah sering mendengar kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari kita.. Bener gak sob?? Tapi yang jadi pertanyaannya adalah kita sendiri tau gak sih apa maksud dari kata multimedia itu??? Sobat dumay pernah gak berfikir tentang itu..??? Kalau sobat dumay pernah berfikir mengenai hal itu, nah disinilah jawabannya… di simak ya sob..

Pengertian Multimedia Beserta Ciri-cirinya
Elemen Multimedia
Kata Multimedia sebenarnya  berasal dari kata ‘Multi’ yang artinya banyak dan ‘media’ yang berarti sarana, tempat ataupun alat yang dipakai untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jadi berdasarkan katanya, ‘Multimedia’ bisa dirumuskan sebagai penyatuan beberapa media atau wadah yang setelah itu diartikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. 

Elemen-elemen multimedia bisa berupa teks, animasi, gambar, suara dan video. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, yang mana informasi yang berupa teks, animasi,gambar, suara, dan video di jadikan satu ke dalam komputer untuk di simpan, diproses serta disajikan baik secara interaktif ataupun liner.

Oleh karena itu, dengan menggabungkan semua elemen multimedia itu membuat pesan atau informasi dalam bentuk multimedia yang bisa diterima oleh mata dan telinga, lebih menyerupai bentuk aslinya dalam dunia nyata. Apabila suatu aplikasi mencakup semua elemen multimedia yang ada dan user atau pemakai diberi kemampuan atau keputusan untuk mengawal dan menghidupkan elemen-elemen tersebut disebut Multimedia interaktif.

CIRI-CIRI MULTIMEDIA


Untuk menghasilkan sesuatu yang baik, multimedia memiliki lima cirri, yaitu teks, animasi, gambar, audio dan video.

1. Teks

Teks adalah bentuk data multimedia yang sangat mudah untuk dikendalikan dan disimpan. 
Teks berguna untuk memberi maksud cerita. Dan teks pula disebut sebagai kunci komunikasi idea. Teks terdiri dari berbagai jenis yaitu teks elektronik, teks bercetak, teks imbasan, dan hiperteks. 
Teks dibantu oleh sejumlah komponen pula seperti jenis, font dan  tata letak teks untuk menyampaikan suatu maklumat atau maksud sesuai dengan tema aplikasi media. Biasanya audien gampang sekali jenuh dengan teks bila dibandingkan dengan  gambar.

2. Animasi

Penggunaan komputer yang menciptakan gerak pada layar itulah yang di sebut dengan animasi. Animasi diibaratkan nadi utama dalam suatu gambar. Jenis animasi adalah animasi masa sebenarnya, animasi berbingkai dan audio animasi.

3. Image grafik

Grafik sangat sering muncul sebagai background dari suatu teks untuk menciptakan kerangka yang cantik. Gambar sering disebut sebagai bahasa yang bisa menjelaskan seribu kata. Gambar atau image yang ditonjolkan harus sesuai dengan tajuk atau tema yang akan disampaikan. Ada berbagai jenis image grafik yaitu imej vector, gambar bitmap, gambar hiper dan gambar digital. Ukuran gambar atau  harus sesuai agar tidak menganggu teks yang akan disampaikan.

4. Audio

Bunyi berfungsi untuk menguatkan pesan, menentukan perasaan seseorang atau keadaan fikiran serta berfungsi untuk menghidupkan suasana atau menarik perhatian penonton. Bunyi harus memiliki keselarasan, karena bunyi audio yang bising akan menyebabkan timbulnya gangguan dan menggangu informasi yang akan disampaikan. Bunyi yang disampaikan bisa diubah-ubah karena bersifat fleksibel. Dalam produk multimedia bunyi dapat ditambahkan melalui musik, suara, ataupun sound effect. Sejumlah objek bunyi yang biasa dipakai dalam produk multimedia adalah audio, mp3, compact disk, waterform audio, dan MIDI soundtrack. 

5. Video

Rekaman gambar bergerak atau gambar hidup yang saling berurutan, itulah yang dimaksud dengan video. Elemen yang paling mudah untuk menarik perhatian penonton dalam persembahan aplikasi multimedia adalah video. Video terdiri dari dua jenis, yaitu video digital dan video analog. Video digital dihasilkan dari gelombang sederhana yaitu digital yang digambarkan menerusi titik sebagai rangkaian nilai maksimal atau minimal. Melalui berbagai cara atau aspek seperti melalui sumber televition, camera video, pita video dan klip video digital, video digital dapat dimuat turun. Video analog pula dihasilkan dari deretan gelombang yaitu analog yang direkam oleh kamera lalu dipancar luaskan melalui gelombang udara.

Mesin elektronik yang memproses data mengikut satu senarai arahan yang dipanggil program adalah komputer. Pada dasarnya, komputer memiliki tiga langkah utama, yaitu masukan atau input, proses dan keluaran atau output. Sebuah data dimasukkan ke dalam komputer dengan menggunakan piranti input. Contohnya seperti tetikus, papan kekunci, mikrofon, pengimbas, kamera web dan lain sebagainya. Proses memasukkan data ini disebut dengan istilah input. 

Setelah itu komputer akan memproses data yang sudah dimasukkan kedalam komputer menjadi bentuk yang bisa digunakan. Proses ini adalah langkah untuk mengubah data ke dalam bentuk yang bermanfaat dengan memakai set arahan yang disebut perisian. Nah, output adalah hasil dari pemprosesan computer. Beberapa contoh piranti output yaitu speaker, monitor dan pencetak.

Komputer terdiri dari dua babagian, yaitu perisian dan perkakasan. Perisian adalah program yang disimpan di dalam cakera lunak dan cakera keras yang  digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan, contohnya program Win95, Win98, WinMe, Win2000, WinNT, WinXP, Microsoft Office dan lain sebagainya. Perisian komputer terbagi menjadi tiga kategori, yaitu perisian pengatur cara, perisian sistem dan perisian aplikasi. 

Diantara ketiga-tiga perisian tersebut, perisian aplikasi sangat terkenal dalam kalangan pemakai komputer. Perisian aplikasi mengijinkan pemakai menjalankan tugas-tugas tertentu (yang tidak ada kaitannya dengan komputer) dengan lebih berkesan. Aplikasi yang biasa dipakai adalah perisian pendidikan, perisian bisnis, pengkalan data, perisian perobatan dan permainan komputer. Perisian aplikasi yang sering dipakai oleh pengguna adalah ‘Microsoft Word’. Sedangkan perkakas komputer terdiri dari tetikus, monitor, papan kekunci, papan induk, ram dan lain sebagainya.

Nah, jadi yang dimaksud dengan multimedia itu adalah penyatuan beberapa media atau wadah yang setelah itu diartikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. 

Gimana sob, sekarang udah tau kan apa maksud dari multimedia.. Nah kalau sobat dumay mau tahu tentang multimedia lebih dalam lagi ataupun ingin tahu tentang yang lainnya, sering-sering aja kunjungi situs web kami.. karena menggaliilmu.com gak pernah bosen-bosen dan selalu menyajikan berbagai ilmu pengetahuan, education, dsb. Terima kasih ya sob, atas kunjungannya… Semoga artikel ini dapat bermanfaat…

0 Response to "Pengertian Multimedia Beserta Ciri-cirinya"

Post a Comment