Multimedia Interaktif Menurut Para Ahli Beserta Elemen-elemennya

Multimedia Interaktif

Hey, salam jumpa lagi untuk para sobat admin yang setia, admin kembali menghadirkan sebuah artikel yang  menyimpan sebuah wawasan yang akan menambah ilmu para sobat semua.
Multimedia Interaktif Menurut Para Ahli Beserta Elemen-elemennya

Okey, topik pembahasan yang admin hadirkan dalam artikel kali ini yaitu tentang Multimedia Intraktif. Apa sih sob multimedia intraktif itu?? Okey sob, semua akan admin ulas secara rinci dalam artikel kali ini, yuk ke pembahasannya langsung.

1. Definisi Rinci Tentang Multimedia Interaktif

Okey sob, admin akan menjabarkan definisinya berdasarkan etmologisnya ya sob. Multimedia terdiri dari dua bahasa latin, ialah yang pertama multi dan yang kedua adalah medium. Multi maknanya adalah banyak , bermacam macam, sedangkan medium maknanya adalah sesuatu yang di gunakan untuk mengutarakan atau menyampaikan sesuatu. 

Medium juga dapat di artikan sebagai media untuk mendistribusikan serta mempresentasikan sebuah informasi. Nah sob, dari penjabaran diatas tadi bisa di simpulkan bahwa multimedia ialah media yang menyatukan dua unsur atau lebih yang terdiri atas audio, teks, animasi, gambar, vidio, grafis, foto secara terintegrasi sob.

Selain dari penjelasan di atas ada beberapa definisi tentang multimedia yang di cetuskan oleh beberapa para tokoh ahli nih sob. Okey biar gak penasaran admin udah nyiapin nih beberapa pengertiannya.
  1. Definisi pertama yaitu Multimedia ialah gabungan antara teks, grafik, sound, animasi, serta video untuk mengutarakan pesan kepada publik (Wahono, 2007 dalam Wijaya, 2010)
  2. Pengertian yang kedua tentang multimedia ialah sebagai kata sifat atau media elektronik untuk menyimpan serta menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008 dalam Wijaya, 2010).
  3. Dan yang ketiga definisi multimedia ialah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Nah sob, media ini bisa berupa suara musik (audio), vidio, grafik, animasi, gambar serta teks.(Turban dan kawan-kawan, 2002 dalam Wijaya, 2010)
  4. definisi yang ke empat ialah multimedia merupakan pemanfaatan komputer untuk menciptakan atau menyatukan grafik, teks, vidio, audio, dengan memakai tool yang memudahkan pengguna berintraksi, berkreasi serta berkoomunikasi, definisi ini di cetuskan oleh Hofstetter dalam Wijaya pada tahun 2010.
  5. nah sob, definisi yang kelima ini di cetuskan oleh robin dan juga linda. Menurut mereka multimedia ialah mendia yang bisa menciptakan presentasi yang dinamis serta interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, audio, animasi serta video (2001 dalam Wijaya, 2010).
  6. Hm dan ini definisi yang terakhir sob, Multimedia ialah kombinasi dari data text, gambar, animasi, video, audio dan juga interaksi (Zeembry, 2008 dalam Wijaya, 2010).

Itu tadi beberapa pengertian multimedia dari beberapa sumber yang berbeda sob.
Nah sob ada satu orang lagi nih yang punya pendapat sendiri tentang multimedia yaitu supriyatna.
Menurut ia multimedia ialah pemakaian bermacam macam media seperti suara, vidio, teks, animasi, grafik untuk mengungkapkan sebuah informasi lalu di tambahkan dengan elemen yang terakhir yaitu intraktif. 

Elemen elemen yang ada di dalam multimedia menurut supriyatna (2008:23).

1. Elemen gambar dan foto ( visual diam)

Elemen visual diam ini ialah elemen yang dipakai untuk mendeskripsikan  sesuatu dengan lebih rinci dan jelas.

2. Elemen visual bergerak

Nah sob, pada elemen yang satu ini merumapakan visual bergerak vidio yang di pakai untuk mengambarkan suatu aksii, sedangkan animasi di pakai untuk menjabarkan serta mensimulasikan sesuatu yang sulit di lakukan dengan menggunakan vidio.

3. Elemen suara

Yang ketiga ini tentang pemakaian suara sob di dalam multimedia bisa berupa sound effect, narasi, dan juga lagu. Biasanya narasi di munculkan bersama dengan teks ataupun foto untuk memerjelas informasi yang akan di sampaikan. Nah sob, suara juga bisa di pakai untuk mengalihkan perhatian.

4. Elemen teks

Okey sob, di sini admin akan menjelaskan, teks bisa di pakai untuk menjelaskan gambar ataupun foto. Pemakaian teks di dalam multimedia perlu di perhatikan di antaranya pemakaian  (warna, bold, italic) atau jenis ukuran huruf, jenis huruf, dan yang terakhir style hurufnya.

5. Elemen intraktif

Di elemen yang satu ini adalah elemen yang paling penting di dalam multimedia intraktif. Nah sob, kalau  elemen yang lain seperti foto, teks, vidio, dan juga suara bisa di utarakan mlalui media seperti VCD player, TV tapi kalau elemen intraktif yang satu ini Cuma bisa di munculkan di komputer sepenuhnya. Dan aspek intraktif pada multimedia bisa berupa permainan, navigasi, latihan soal, dan juga simulasi.

Hm itu tadi sob penjabaran dari admin untuk para sobat semua, di artikel kali ini admin harap para sobat merasa nyaman dan terbantu dengan informasi yang terkandung di dalamnya. Okey deh sob, admin rasa cukup sampai di sini dulu ya pembahasan kita kali ini tentang contoh peralatan multimedia, admin akan kembali menghadirkan artikel yang lebih dan lebih UP-TO-DATE buat sobat semua. See you the next time.

0 Response to "Multimedia Interaktif Menurut Para Ahli Beserta Elemen-elemennya"

Post a Comment