Cara Membuat Naskah Film dengan Benar dan Gampang

CARA MEMBUAT NASKAH FILM BAGI PEMULA

Cara Membuat Naskah Film dengan Benar dan Gampang

Cara Membuat Naskah Film Bagi Pemula - Bagi sobat yang belum pernah naskah drama ,Kali ini admin memberitahu kepada sobat semua gambaran mengenai bagaimana cara membuat sebuah naskah film. naskah biasa disebut dengan script atau screenplay. naskah bisa diambil dari sebuah kisah nyata bisa berupa  sejarah ,dalam kehidupan social dan lain –lain . Adapun yang diangkat dari komik,novel,game,dan sebagainya.

1. Ide cerita

Terciptanya cerita itu dari sebuah ide,yang terdapat di imajinasimu dan sebaiknnya ide tersebut di tuangkan dalam bentuk tulisan. Ide cerita Misalnya  mengenai sepasang kekasih yang saling selingkuh karena tidak senang dengan hubungannya.

2. Merumuskan naskah

Didalam merumuskan naskah,sobat seharusnya membuat sebuah kerangka dari ide cerita yang sudah sobat buat,kerangka nantinya bisa membantu sobat dalam memetakan jalan cerita sehingga cerita mu tidak glambyar.

3. Menyusun Plot

Yang ketiga menyusun plot.Penyusunan plot ini merupakan alur cerita sangat dibutuhkan pada saat menulis naskah film. Struktur plot ini pada umunya terbagi atas 3 (tiga) babak yaitu ada: 
  • set up atau awal konflik
  • confrontation atau komplikasi masalah
  • dan resolution atau penyelesaian masalah.


4. Setting dan Penokohan

Di dalm Menentukan setting  pda sebuah film dalam melakukan sobat harus detail, supaya mempermudah sobat dalamproses sutting . Dan juga penokohan, menjelaskan secara rinci karakter pada setiap tokoh –tokoh yang ada di cerita sobat.

5. Sasaran

Penting bagi sobat di dalm menentukan segmentasi dari sebua  film yang akan sobat  dibuat. Boleh film ini ditujukan untuk anak-anak, dewasa, keluarga, maupun  remaja.

6. Pesan

Dalam pembuatan Film yang baik sobat dapat memberikan sebuah pesan moral untuk para penikmat/penonton.
Jika sudah memahami  enam tahapan diatas, sobat juga harus memperhatikan bagian-bagian yang terdapat di dalam naskah film. Suatu naskah film terdiri dari enam bagian, yaitu diantaranya :

  1. Title Page, merupakan title  yang akan sobat jadikan sebagai pedoman pertama untuk seorang produser dalam menilai apakah si  pembuat naskah itu seorang profesional atau hanya amatiran.
  2. Scene Heading, merupakan sebuah petunjuk dalam memulai  suatu naskah. Kata yang dipakai yaitu “EXT. — ” (cerita yang sedang berlangsung di luar ruangan) dan “INT. — (cerita yang sedang berlangsung  di dalam ruangan). Lalu diikuti nama sebuah tempat yang harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital.
  3. Action, biasanya dituliskan pada  2 baris dibawah Scene Heading. Action merupakan gambaran yang menceritakan tentag apa saja yang akan terlihat dalam adegan film dan mesti pada keadaan sekarang.
  4. Dialogue,adalah  segala sesuatu yang akan  dibicarakan oleh seorang  tokoh atau karakter.
  5. Parenthetical, meruipakan sebuah keterangan yang meberitahu tentang segala sesuatu yang dikerlakan oleh karakter atau tokoh.
  6. Transition, merupakan sebuah deskripsi pendek untuk membritahu bahwa cerita berpindah dari scene  satu ke scene lain. Diantaranya ialah: CUT TO, DISSOLVE TO, INTERCUT WITH atau INTERCUT BETWEEN. Dan di akhir cerita biasanya FADE OUT, IRIS OUT, dll.


“Dalam  membuat naskah film sobat harus  memperhatikan  Ide cerita, Merumuskan naskah, Menyusun Plot, Setting dan Penokohan, Sasaran,dan Pesan.”

Bagaimana,sob mudah bukan ? Dalam menulis sebuah naskah film cobalah untuk membuat  cerita yang menarik.Oke kalau begitu admin undur diri dulu Trima Kasih dan sampai jumpa !
Selain itu sobat dapat mengunjungi artikel lainnya ! .

0 Response to "Cara Membuat Naskah Film dengan Benar dan Gampang"

Post a Comment