Jaringan Komputer Ada 3

Ada 3 Jaringan Komputer Yang Wajib Anda Ketahui (LAN,MAN,WAN)

Jaringan Komputer Ada 3

A. Local Area Network (LAN) / Local Area Network.

LAN adalah jaringan berkecepatan tinggi yang secara geografis mencakup area yang relatif sempit atau jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil yang dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran secara umum, atau sekolah, dan biasanya tidak jauh Dari yang sekitar 1 kilometer persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, komputer biasanya dibuat dalam sebuah file server.

Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk menyimpan, mengatur aktivitas jaringan, atau sebagai perangkat lunak yang digunakan oleh komputer dapat terhubung ke jaringan. Komputer yang terhubung ke jaringan (network) biasanya disebut workstation. Biasanya workstation fitur yang lebih bawah dari file server dan memiliki aplikasi lain selain aplikasi untuk hard drive jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan untuk menghubungkan kabel media antara komputer ke komputer lain.

B. Metropolitan Area Network (MAN) / Metropolitan Area Network

MAN adalah jaringan untuk kota atau koleksi bangunan milik perusahaan atau kampus universitas, dan dapat berfungsi sebagai ISP tetapi khusus untuk perusahaan, biasanya beberapa LAN melalui serat. Seorang pria yang umumnya jaringan berkecepatan tinggi menengah antara LAN dan WAN, biasanya mengandung suatu daerah antara 5-50 km dengan diameter. 

Misalnya antara daerah dalam satu propinsi. Dalam hal ini, jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke wilayah yang lebih luas dari lingkungan, misalnya, sebagai berikut: uang kertas di mana beberapa cabang bank di kota besar yang saling berhubungan. Misalnya, Bank BNI di seluruh wilayah Makassar atau Surabaya.

C. Wide Area Network (WAN) / Skala Besar Area Network

WAN adalah jaringan komunikasi data yang secara geografis mencakup area yang sangat luas yang regional / nasional / global, dan sering menggunakan fasilitas transmisi sesering telepon dan biasanya dengan bantuan satelit atau kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI di Indonesia atau negara lain. Dengan fasilitas WAN, sebuah bank di Bandung bisa menghubungi kantor cabang di Hong Kong, hanya dalam hitungan menit. WAN sebagian besar cukup rumit dan sangat kompleks, menghubungkan banyak cara antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti Internet. 

Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal hanya perimeter daerah berbeda dari satu di antara banyak koneksi lainnya.WAN LAN dan WAN dengan berbagai teknologi, seperti T1, T3, ATM, ISDN , ADSL, komponen jaringan komputer saat ini biasanya terdiri dari: server, workstation (WS), kartu jaringan (NIC), konektor dan lainnya, dan kabel, biasanya dalam jaringan sejumlah sambungkan workstation, PC, printer, server dan perangkat lainnya pada kebutuhan .

Jenis Jaringan Sesuai dengan Fungsi Komputer Dalam Jaringan dapat dibagi menjadi Dua:

1. Peer-to-peer Jaringan

Setiap komputer yang terhubung ke jaringan peer-to-peer dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa komputer melalaui perantara. sumber daya komputer yang dibagi pada semua komputer yang terhubung ke jaringan baik hardware perangakat, perangkat lunak dan data. Pada prinsipnya, komputer dalam topeer jaringan peer sebagai komputer yang berdiri sendiri atau bisa bekerja sendiri. 

Komputer yang digunakan untuk rekan rekan jaringan harus ditur dan olehmasins dikendalikan komputer manapun di jarinagn. Jenis peer sangat cocok untuk mengintip untuk pembangunan sebuah kelompok kerja di mana setiap pengguna komputer pertukaran bias perangkat keras komputer dan perjanjian keamanan data yang tidak perlu antara anggota kelompok kerja.

2. Jaringan Client-Server

Pada jaringan client-server, ada komputer lain yang digunakan sebagai komputer server komputer sedangkan yang lain digunakan sebagai klien. komputer server memiliki fungsi dan tugas untuk melayani semua komputer yang ada di jaringan. 

Sementara pelyanan komputer server tertentu, yaitu:
  • Pertukaran disk, seperti penggunaan disk dengan kaapasitas sama pada qcomputer klien
  • Print sharing, seperti pengguna perangkat printer dengan yang sama
  • AKU AKU AKU. Pengguna dari perangkat lain secra bersama-sama baik data dan sistem aplikasi yang ada
  •  Mengatur jaringan dan keamanan data pada jaringan
  • Mengatur dan perangkat hak kontrol dan akses waktu yang ada dalam jaringan

0 Response to "Jaringan Komputer Ada 3"

Post a Comment