Pengertian Desain Grafis Berbasis Vektor

Berikut ini akan kami sajikan pengertian desain grafis berbasis vektor beserta Keuntungan dan Kelemahannya

Grafis adalah gambar yang terdiri dari koordinat.
Dalam desain grafis, desain dibagi menjadi dua kelompok, yaitu desain bitmap dan vektor desain.

Desain Bitmap

Desain grafis adalah gambar bitmap objek yang dibentuk oleh koordinat raster / pixel / titik. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk grafis bitmap berarti tingkat kepadatan yang lebih tinggi. Ini akan menjadi gambar grafis yang lebih halus, tapi kapasitas file yang akan meningkat.

Ketajaman dan detail warna bitmap gambar pada layar tergantung pada jumlah pixel yang membentuk warna atau resolusi gambar.
aplikasi bitmap grafis berbasis program seperti: Adobe Photoshop, Corel Photo-Paint, Microsoft Photo Editor, dan Macromedia Fireworks.

Desain vektor

Desain grafis adalah objek gambar vektor menggunakan titik koordinat dan rumus tertentu. Penggunaan grafis vektor akan lebih ekonomis dalam hal volume file, tapi dalam hal penggunaan prosesor akan menggunakan banyak memori.
program aplikasi grafis vektor, seperti CorelDraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Micrografx Designer.

Keuntungan dan Kelemahan Vector Graphics dan Bitmap Graphics

Keuntungan dari grafik vektor adalah dokumen ukuran file yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file.
Vektor grafis kelemahan adalah penggunaan prosesor mengkonsumsi lebih banyak memori sehingga komputer bekerja lebih lambat.

Keunggulan adalah bitmap penggunaan memori grafis lebih kecil dari grafis vektor.
Kelemahan bitmap grafis yang dihasilkan ukuran file besar.
Kehalusan gambar grafis vektor tidak tergantung pada ukuran dpi, tetapi perangkat output, seperti monitor dan printer. Perangkat output yang lebih canggih yang digunakan, gambar grafis yang lebih halus tampak.

0 Response to "Pengertian Desain Grafis Berbasis Vektor"

Post a Comment